Comscore Tracker

Final, Muktamar ke-34 NU Digelar 17-19 Desember 2021 di Lampung

Acara berlangsung di dua wilayah secara hybrid

Bandar Lampung, IDN Times - Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung dipastikan bakal berlangsung 17-19 Desember 2021. Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU, Moh Mukri mengatakan, 27 Pengurus Wilayah bersama KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam PBNU telah menetapkan muktamar tersebut.

"Alhamdulillah, muktamar hampir mendekati final. Penyelenggaraannya akan dilaksanakan pada 17, 18, dan 19. Ini adalah perintah Rais Aam kepada Panitia SC maupun OC," ujar Mukri saat ditemui IDN Times di UIN Raden Intan Lampung, Jumat (13/12/2021).

1. Perubahan jadwal muktamar bersifat mendesak

Final, Muktamar ke-34 NU Digelar 17-19 Desember 2021 di LampungTeka-teki penjadwalan ulang Muktamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung menemui titik terang. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Mukri menjelaskan, perubahan jadwal tersebut bersifat mendesak sehingga harus disegerakan. Keputusan dari Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Jakarta beberapa waktu lalu, menetapkan muktamar dilaksanakan 23-25 Desember 2021. Namun jadwal itu bakal berbenturan dengan kebijakan PPKM Level 3 dari 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Menurutnya, kebijakan PPKM pada libur Nataru akan sangat berdampak pada aturan perjalanan dan penyelenggaraan acara muktamar yang melibatkan banyak orang.

"Tidak ada pilihan lain, maka harus dijadwal ulang di 17-19 Desember. Penyelenggaraan akan tetap berlangsung di Provinsi Lampung," ucap Mukri.

Baca Juga: Muktamar ke-34, PC Muslimat NU Lampung Tengah Beri Bantuan Rp90 Juta

2. Panitia daerah menyatakan kesiapan pelaksanaan

Final, Muktamar ke-34 NU Digelar 17-19 Desember 2021 di LampungLogo Muktamar ke-34 NU. (dok. Panitia Muktamar ke-34 NU)

Mukri menegaskan, pihaknya sangat siap menjadi tuan rumah Muktamar NU karena sudah mematangkan segala daya dukung dan fasilitas.

"Muktamar kali ini disederhanakan, karena berlangsung di suasana COVID-19 dan kita harus menjaga prokes. Nanti kita akan batasi setiap PC dan PW maksimal 3 orang," katanya.

Tidak hanya itu, ia bersama Panitia Daerah lainnya juga sudah memantapkan koordinasi bersama pimpinan daerah dan stakeholder terkait lainnya.

“Dari hasil terakhir bersilahturahmi dengan Kapolda, Danrem, dan Gubernur Lampung, semua menyatakan siap memberi dukungan penuh," sambung pria yang menjabat Ketua PWNU Lampung tersebut.

Baca Juga: Cak Imin Buka Suara soal Tanggal Muktamar ke-34 NU

3. Masih berlangsung di dua wilayah Lampung dengan sistem metode hybrid

Final, Muktamar ke-34 NU Digelar 17-19 Desember 2021 di LampungPanitia Pelaksana memastikan persiapan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung masih terus berjalan. (IDN Times/Istimewa)

Mukri juga menjelaskan, penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU bakal berlangsung dengan metode sistem hybrid. Forum ini akan menggabungkan atau mengombinasikan kegiatan tatap muka (offline) dan daring (online).

"Boleh jadi pembukaan dilaksanakan di satu titik dan peserta lainnya juga ada di titik lain dengan layar lebar. Ini upaya kita bersama-sama menjaga kondisi pandemik, tentunya tanpa kehilangan substansi kegiatan," imbuhnya.

Ihwal lokasi pelaksanaan, forum akbar tersebut masih akan berlangsung di dua wilayah Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Tengah dan Kota Bandar Lampung.

"Ada beberapa titik Pesantren Darussa’adah, Kampus UIN, Kampus Malahayati, Kampus Unila, dan Islamic Center. Jadi final pembukaan, penutup, atau rapat-rapat komisi di mana, akan ditentukan kemudian," tandas Mukri.

Baca Juga: NU Akan Gelar Muktamar ke-34, Ini Daftar Ketua Umum PBNU Sejak 1926

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya