Fakta Baru Penembakan TNI AU di Lampung; Diduga Kecelakaan Senjata Api

Investigasi TNI-Polri menyebutkan peluru dari senpi korban

Bandar Lampung, IDN Times - Fakta baru terungkap dalam kasus tertembaknya anggota TNI AU bernama Pratu Nur Rohman (26) dan Riska Astuti (25) di Jalan Sultan Agung, Kota Bandar Lampung, Selasa (8/6/2021) kemarin.

Usai ramai dikabarkan kedua korban ditembak orang tak dikenal, kini Komandan Pangkalan Udara (Lanud) PM Bun Yamin, Letnan Kolonel (Nav) Yohanas Ridwan menyebutkan, peristiwa itu terjadi murni akibat kecelakaan senjata api milik korban sendiri.

"Ini sebagai pelurusan berita yang selama ini berkembang, bahwa yang terjadi adalah murni kecelakaan dari senjata korban milik NR sendiri," ungkap Ridwan dalam konferensi pers digelar di Mapolresta Bandar Lampung, Jumat (11/6/2021).

1. Ungkap kasus berdasarkan hasil investigasi tim gabungan

Fakta Baru Penembakan TNI AU di Lampung; Diduga Kecelakaan Senjata ApiUngkap kasus penembakan TNI AU di Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ridwan mengatakan, kesimpulan itu didapat usai menerima berkas pemeriksaan penyelidik tim investigasi POM AU dan Satreskrim Polresta Bandar Lampung, terhadap kasus yang menimpa Pratu Nur Rohman bersama istrinya.

Menurutnya, penanganan perkara salah satu prajuritnya tersebut bakal dilanjutkan dengan pemeriksaan POM AU sesuai hukum, atau aturan berlaku di lingkungan militer Indonesia.

"Kami akan melakukan investigasi intern dengan menunggu korban atau yang bersangkutan pulih dari luka tembak, karena hingga kini tengah menjalani perawatan di RS Advent," tukas dia.

Baca Juga: Kapolda Lampung Bakal Pecat 2 Polisi Pemilik 100 Butir Ekstasi

2. Bentuk solidaritas anggota Polri dan TNI di Lampung

Fakta Baru Penembakan TNI AU di Lampung; Diduga Kecelakaan Senjata ApiUngkap kasus penembakan TNI AU di Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berdasarkan hasil ungkap kasus ini, Ridwan mengaku bersyukur atas sinergitas antara Polri dan TNI. Kejadian ini menjadi bukti nyata solidaritas TNI dan Polri di Provinsi Lampung.

"Terima kasih, kita sangat terkoordinasi dan terkomunikasi dengan baik. Selanjutnya, pemeriksaan mendalam akan dilakukan oleh TNI POM AU," ucap dia.

3. Motif dan jenis senjata api belum diketahui

Fakta Baru Penembakan TNI AU di Lampung; Diduga Kecelakaan Senjata ApiUngkap kasus penembakan TNI AU di Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Disinggung terkait motif perbuatan dan jenis senjata api digunakan Pratu Nur Rohman, Ridwan mengaku belum bisa menyampaikannya secara gamblang. Kedua korban masih terbaring menjalani perawatan pasca operasi di RS Advent.

"Masih dalam penelusuran, karena yang bersangkutan masih dirawat, nanti kami juga akan melibatkan para ahli dan bakal disampaikan melalui keterangan pers secara tertulis," tandas Ridwan.

Baca Juga: TNI-Polri Amankan 2 Senjata Api yang Dirampas KKB dari Pos Polisi 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya