Elten Apparel, Brand Jersey Klub Liga Futsal Profesional Asal Lampung

Sponsor Giga FC hingga Kinantan FC

Intinya Sih...

  • Elten Apparel mensponsori Kinantan FC di Liga Futsal Profesional Indonesia pada musim 2023/24 setelah sukses mensponsori Giga FC di musim sebelumnya.
  • Elten Apparel didirikan pada 2017 untuk memenuhi kebutuhan jersey custom di Lampung, dan mulai mendapat nama baik saat pandemi COVID dengan kerja sama komunitas sepak bola.
  • Mensponsori Kinantan FC adalah langkah ekspansi Elten Apparel ke kancah nasional, dengan fokus pada kualitas jersey dan promosi luas sebagai strategi pemasaran.

Bandar Lampung, IDN Times - Elten Apparel, sebuah vendor jersey asal Kota Metro, Provinsi Lampung sukses mengepakkan sayap mensponsori salah satu klub berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia.

Pada musim 2023/24, Elten Apparel merupakan sponsor resmi tim asal Medan, Kinantan FC, setelah di musim sebelumnya sukses menjadi bagian sponsor dari klub turut berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia berasal dari Kota Metro, Giga FC.

"Musim kemarin kita kerja sama dengan Giga FC. Pada musim ini, kita bekerjasama dengan tim pro dari Kota Medan, Kinantan Futsal Club," ujar I Putu Ardiyansyah, Owner Elten Apparel kepada IDN Times, Jumat (5/4/2024).

1. Jawaban kebutuhan pecinta sepak bola dan futsal di Lampung

Elten Apparel, Brand Jersey Klub Liga Futsal Profesional Asal LampungTim Giga FC saat kenakan jersey Elten Apparel di Liga Futsal Profesional Indonesia. (Dok. Elten Apparel).

Keberhasilan di masa sekarang diakui Putu membutuhkan perjalanan panjang sekaligus keberanian. Berawal dari toko olahraga, Elten Apparel akhirnya resmi didirikan pada 2017 dikarenakan kebutuhan terhadap jersey custom, yang waktu itu terbilang sulit dijumpai di kota setempat.

Alhasil pada 2016, dirinya memutuskan untuk bertolak ke Kota Bandung mempelajari sekaligus menjumpai rekan sejawat yang kebetulan sudah berkecimpung terlebih dahulu di bidang jersey custom.

"Memang awal kebentuknya Elten Apparel ini sebagai jawaban dari kebutuhan teman-teman pencinta sepak bola dan futsal di Lampung, yang dulunya mereka harus bikin jersey di luar daerah," ucapnya.

Meski sudah resmi dibentuk, kala itu bisa dibilang pelanggan Elten Apparel masih dapat dihitung jari, dikarenakan brand lokal masih dianggap sebelah mata dibanding brand-brand kenamaan dari luar negeri. Tak putus asa, ia akhirnya memulai langkah mensponsori dan mengenalkan produk jerseynya ke tim-tim sepakbola tarkam sekolahan.

"Puncaknya ketika pandemik COVID, karena muncul komunitas fun football dan fun futsal. Sejak itu, kita mulai kerja sama dengan komunitas-komunitas di Lampung. Alhamdulillah mulai dapat nama baik," tambahnya.

Baca Juga: Tiga Remaja Pelaku Pelemparan Batu Kendaraan di Jalan Tol Diamankan

2. Ambil langkah berani gandeng klub profesional lokal, target sponsori jersey di Liga 2

Elten Apparel, Brand Jersey Klub Liga Futsal Profesional Asal LampungKesepakatan dan kerjasama antara Elten Apparel dan Giga FC. (Dok. Elten Apparel).

Mulai mendapatkan nama baik di kalangan pencinta sepak bola dan futsal, Putu akhirnya memberanikan diri menawarkan kerja sama menjadi sponsor apparel resmi kepada salah satu klub berkompetisi di Liga Futsal Profesional Indonesia asal Kota Metro, Giga FC.

Bak gayung bersambut, pemilik Giga FC menerima tawaran Elten Apparel tersebut sebagai komitmen mendukung produk lokal asal Kota Metro, hingga akhirnya vendor jersey ini berhasil dikenal luas di kalangan Liga Futsal Profesional Indonesia.

"Satu musim berjalan dengan Giga FC dan cukup baik, semuanya berjalan dengan baik dan kita juga dikenal di nasional. Akhirnya, musim ini kita berkesempatan kerjasama dengan tim Kinantan FC," ucapnya.

Keputusan mensponsori Kinantan FC pada musim ini disebut sebagai langkah ekspansi Elten Apparel ke kancah nasional. "Target kita ingin ada juga di Liga 2 sepak bola, karena kita tahu di Medan juga ada PSMS yang saat ini bermain di Liga 2," tambahnya.

3. Kualitas jersey strategi utama tembus pasar liga profesional

Elten Apparel, Brand Jersey Klub Liga Futsal Profesional Asal LampungPenampakan produksi jersey di store Elten Apparel berada di Kota Metro. (Dok. Elten Apparel).

Putu melanjutkan, kualitas jersey ditawarkan menjadi kunci utama strategi menembus pasar liga-liga profesional, termasuk di Liga Futsal Profesional Indonesia. Bersama Kinantan FC musim ini, Elten Apparel memberikan seluruh kelengkapan kebutuhan apparel mulai dari jersey tanding, latihan, dan pre match.

Termasuk menyediakan jaket, kaus, hingga kebutuhan jersey mercmerchandise diperuntukkan bagi fans klub. Dari mensponsori ini, diakui Elten Apparel mendapatkan keuntungan berupa promosi secara masif dan luas.

"Ini bukti kalau kita sebagai apparel bisa mempertahankan kualitas. Di samping itu, pasti ada keuntungan secara finansial sebagai brand jersey sudah dikenal, karena yang tau Elten sekarang bukan cuma dari Lampung tapi juga luar daerah," imbuhnya.

4. Pakai bahan dry fit dan anti bacterial hingga tinta warna berkualitas

Elten Apparel, Brand Jersey Klub Liga Futsal Profesional Asal LampungPotret produksi jersey di Elten Apparel. (Dok. Elten Apparel).

Terkait kualitas ditawarkan, Putu menjelaskan, jersey buatan Elten Apparel sudah menggunakan bahan berteknologi dry fit dan anti bacterial, sehingga bisa lebih cepat kering dan tidak mudah berbau saat digunakan berkeringat.

Selain itu, jersey Elten Apparel menggunakan produk pewarna sublimasi memakai tinta sudah teruji secara kualitas, hingga warna lebih tajam, tidak mudah pudar, dan tahan lama. Termasuk urusan jahitan yang sangat diperhatikan, hingga bentuk jersey tidak akan berubah.

"Kalau untuk desain tim profesional, kita meminta penjelasan dari tim, baru kemudian dibuatkan beberapa desain pilihan yang menggambarkan filosofi tim, dari situ baru dipilih," tandasnya.

Baca Juga: 82 Personel Polres Lamsel Dikerahkan Kawal Pemudik Motor

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya