Eks Wagub Lampung Bachtiar Basri Didapuk Ketua Pemenangan Mirza-Jihan

Dikenal sosok senior dan berpengalaman

Intinya Sih...

  • Bachtiar Basri dipilih sebagai Ketua Tim Pemenangan Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela di Pilkada Lampung 2024.
  • Penunjukan Bachtiar Basri didasari oleh pengalaman politiknya dan kemampuannya merangkul berbagai kalangan.
  • Koalisi Lampung Maju semakin solid dengan dukungan tokoh politik senior seperti Nunik dan Herman HN.

Bandar Lampung, IDN Times - Mantan Wakil Gubernur Lampung periode 2014-2019, Bachtiar Basri didapuk menahkodai Tim Pemenangan Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela di Pilkada Lampung 2024.

Penunjukan Bachtiar Basri sebagai Ketua Tim Pemenangan ini disebut bukan tanpa alasan, sebab, sosoknya yang dikenal senior dan berpengalaman dalam kancah politik Lampung, hingga kemampuannya dalam merangkul berbagai kalangan, menjadi faktor utama dalam keputusan tersebut.

"Koalisi kami banyak tokoh politik yang berpengalaman, dan sosok pak Bachtiar diterima oleh seluruh partai koalisi pendukung pasangan Mirza-Jihan untuk memimpin Koalisi Lampung Maju," ujar bakal calon Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Profil Jihan Nurlela, dari Dokter jadi Cawagub Lampung Pilkada 2024

1. Beri tambahan semangat barisan Koalisi Lampung Maju

Eks Wagub Lampung Bachtiar Basri Didapuk Ketua Pemenangan Mirza-JihanPaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal - Jihan Nurlela saat konferensi pers usai pendaftaran di KPU Lampung, Kamis (29/8/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mirza, sapaan akrabnya melanjutkan, kehadiran mantan birokrat sekaligus Bupati Tulang Bawang Barat ini disebut memberikan semangat dan kesejukan dalam barisan tim pemenangan dan seluruh partai di Koalisi Lampung Maju.

Menurutnya, rekam jejak sosok Bachtiar Basri pernah menduduki jabatan sebagai sekretaris daerah, bupati, hingga wakil gubernur Lampung masa jabatan 2014-2019 menjadi modal besar, untuk mengawal perjuangan Mirza-Jihan.

"Kami merasa sangat terhormat dan bangga bisa didampingi oleh sosok pak Bachtiar Basri," ujarnya.

2. Optimis menang didukung tokoh-tokoh senior politik di Lampung

Eks Wagub Lampung Bachtiar Basri Didapuk Ketua Pemenangan Mirza-JihanPaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal - Jihan Nurlela. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Mirza menyampaikan, Koalisi Lampung Maju semakin solid dengan dukungan dari tokoh-tokoh politik Lampung ternama seperti Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik, hingga Herman HN merupakan Ketua DPW Partai NasDem Lampung.

Berbekal dukungan dari berbagai partai dan tokoh politik senior ini, pasangan Mirza-Jihan semakin optimis dalam menghadapi kontestasi Pilgub Lampung 2024.

“Terima kasih kepada seluruh partai koalisi dan tokoh-tokoh besar yang telah memberikan dukungan kepada kami. Bersama, kita akan membawa Lampung ke arah yang lebih maju dan sejahtera,” tandas Ketua DPD Gerindra Lampung tersebut.

3. Sosok politisi senior PAN

Eks Wagub Lampung Bachtiar Basri Didapuk Ketua Pemenangan Mirza-JihanPaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela berswafoto bersama dengan Ketua Tim Pemenangan Bachtiar Basri. (IDN Times/Istimewa).

Sosok Bachtiar Basri merupakan politisi PAN senior di Provinsi Lampung. Pria lahir di Kota Bandar Lampung pada 30 Desember 1953 ini pernah menjabat sebagai Bupati Tulang Bawang Barat periode 2009–2014. Kemudian pada 2014, ia menjadi Wakil Gubernur Lampung berpasangan dengan Muhammad Ridho Ficardo sebagai Gubernur Lampung.

Bachtiar Basri menamatkan pendidikan di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Ia lulus pada tahun 1979. Sebelum berkecimpung di dunia politik, dirinya merupakan seorang birokrat pernah menjabat sebagai Camat hingga Sekertaris Daerah.

Baca Juga: Mirza Djausal Ungkap Restu Prabowo Subianto Maju Pilkada Lampung 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya