Dukung Palestina, ITERA Serukan 5 Poin Pernyataan Sikap Solidaritas

Diharapkan tambah semangat pemerintah Indonesia

Intinya Sih...

  • Sivitas akademika ITERA mendeklarasikan solidaritas dukungan perjuangan Palestina atas penindasan Israel
  • Mengutuk konflik dan kejahatan kemanusiaan Israel terhadap Palestina, mendukung upaya perdamaian di Palestina
  • Mendukung pemerintah Indonesia untuk melakukan diplomasi dan seruan boikot produk yang membiayai militer Israel

Bandar Lampung, IDN Times - Sivitas akademika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap solidaritas dukungan perjuangan negara dan warga Palestina atas penindasan Israel.

Rekor ITERA I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan, gerakan ini murni sebagai bentuk dukungan kemanusiaan dari segenap sivitas akademika ITERA melihat konflik antara Palestina-Israel masih berlarut-larut dan belum menemui titik terang.

"Gerakan secara institusi ini bukan berbasis pada keagamaan, bukan juga berbasis kesukuan tapi benar-benar perduli secara kemanusiaan," ujarnya usai memimpin kegiatan deklarasi pernyataan sikap di pelataran Gedung A ITERA, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga: ITERA Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SMM PTN Barat, 219 Kuota

1. Konflik Palestina-Israel belum memperlihatkan tanda-tanda mereda

Dukung Palestina, ITERA Serukan 5 Poin Pernyataan Sikap SolidaritasSivitas akademika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap solidaritas dukungan Palestina. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menurut Nyoman Pugeg, sejak awal konflik Palestina dengan Israel masih terjadi hingga detik ini, belum juga menunjukkan kondisi maupun keadaan mengarah pada tanda-tanda mereda, namun sebaliknya, gencatan senjata justru kian mengkhawatirkan.

Sudah begitu banyak seruan secara individu, organisasi, hingga negara di level internasional telah menyoroti konflik tersebut. Tapi, sampai hari ini masih tak berbuah keberhasilan.

"Oleh karena itu, setidaknya kita menyampaikan perasaan kita secara tulus dengan keadaan terjadi pada saudara-saudara kita di Palestina," jelas rektor.

2. Ajak kampus galakkan pernyataan sikap serupa

Dukung Palestina, ITERA Serukan 5 Poin Pernyataan Sikap SolidaritasSivitas akademika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap solidaritas dukungan Palestina. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Nyoman berharap gerakan serupa turut serta digalakkan oleh univeritas maupun perguruan tinggi lainnya di Tanah Air. Sehingga memberikan dorongan keyakinan kepada pemerintah Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

"Mudah-mudahan pemerintah kita lebih semangat, lebih berani, bila perlu, kaya saya boleh jujur secara militer menggerakkan kekuatan negara, karena kalau tidak dengan sesuatu signifikan akan seperti ini terus," ucap dia.

Melalui gerakan ini, pihaknya meyakini dan percaya sebuah gerakan kecil dilakukan secara serentak bisa memberikan dampak besar. "Saya akan koordinasikan dan laporkan ke kementerian, jajaran organisasi rektor perguruan tinggi," sambungnya.

3. Berikan bantuan hasil penggalangan dana

Dukung Palestina, ITERA Serukan 5 Poin Pernyataan Sikap SolidaritasSivitas akademika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap solidaritas dukungan Palestina. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Nyoman menambahkan, sivitas akademika ITERA juga telah melakukan penggalangan dana sejak beberapa bulan lalu. Itu sebagai bentuk kepedulian terhadap penderita dialami warga dan negara Palestina.

"Meskipun tidak besar tapi mudah-mudahan dana dikumpulkan dalam gerakan ini bisa membantu para saudara-saudara kita di Palestina," tandasnya.

4. Lima poin pernyataan sikap ITERA

Dukung Palestina, ITERA Serukan 5 Poin Pernyataan Sikap SolidaritasSivitas akademika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap solidaritas dukungan

Berikut 5 poin pernyataan sikap ITERA terhadap aksi solidaritas dukungan perjuangan Palestina.

  • Mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina untuk memperoleh hak-hak dasar hidup yang merdeka dan damai
  • Mengecam segala bentuk konflik dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina serta menyerukan agar konflik segera dihentikan
  • Mendukung Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan upaya diplomatik, dialog, dan pendekatan lainnya di level internasional untuk mencapai perdamaian di Palestina
  • Mendukung seruan boikot terhadap produk-produk yang membiayai militer Israel
  • Mengedepankan rasional akal sehat dalam menyuarakan dukungan terhadap Palestina sehingga dapat menjaga keutuhan bangsa dan tanah air.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa ITERA Lolos  Program Pelayaran Jalur Rempah 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya