Duh! Penyakit Cacar Air Jangkiti Pelajaran SD di Bandar Lampung

Gejala awal kepala pusing hingga muncul ruam merah

Bandar Lampung, IDN Times - Penyakit cacar air (Varicella) sedang menjangkit sejumlah anak sekolah dasar (SD) di Kota Bandar Lampung. Peristiwa itu diketahui turut dilaporkan dan dialami puluhan anak di salah satu SD terletak di Kecamatan Way Halim.

Salah satu orang tua murid SD, Hariara Parlinggoman mengatakan, penyakit cacar air tersebut diindikasi mulai menjangkit para murid sekolah setempat sejak awal Maret 2023.

"Dari awal Maret, siswa-siswinya udah banyak yang kena cacar air. Kalau anak saya sendiri, mulai ada gejala cacar ini dari Senin awal pekan kemarin," ujar Hari, sapaan akrabnya kepada IDN Times, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga: Angkutan Lebaran Bandara Radin Inten Lampung Diproyeksi Naik 11 Persen

1. Gejala awal pusing kepala hingga timbul ruam merah

Duh! Penyakit Cacar Air Jangkiti Pelajaran SD di Bandar Lampungilustrasi obat-obatan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan gejala dialami sang anak, Hari menjelaskan, mulanya sejak Senin pagi 20 Maret 2023 siswa SD kelas 2 tersebut mengeluhkan kepada pusing. Selaku orang tua, Hari awalnya hanya mengira si buah hati sebatas kelelahan usai mengikuti acara pesta adat istiadat sehari sebelumnya.

Alhasil, ia pun memutuskan meminta izin kepada pihak sekolah agar sang anak tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar, dengan alasan sakit dan meminta waktu istirahat di rumah.

"Senin sore mulai kelihatan ada ruam-ruam merah di badan. Selasa sampai Rabu kemarin ini, penuh (ruam) di badan sampai kaki hingga wajah. Untungnya dari Selasa sampai Jumat ini sekolah libur, jadi bisa banyak waktu istirahat di rumah," kata Hari.

2. Penanganan pihak sekolah terkesan lambat

Duh! Penyakit Cacar Air Jangkiti Pelajaran SD di Bandar Lampungilustrasi cacar air (freepik.com)

Berdasarkan hasil koordinasi antar wali murid sekolah via grup WhatsApp (WA), Hari menyampaikan, penyakit serupa juga telah dialami sejumlah peserta didik sekolah setempat.

"Dari total 27 siswa di kelas anak saya, yang pekan ini dikabarkan kena cacar di atas 10 siswa. Bukan cuma sekarang, pas pekan lalu juga udah ada yang kena cacar air begini," terangnya.

Atas hal tersebut, ia turut menyayangkan upaya pihak sekolah terkesan lambat dalam mengambil langkah-langkah penanganan hingga pencegahan terhadap penyebaran penyakit cacar air. "Untuk vaksin cacar sampai sekarang ya belum ada," tambah Hari.

3. Dinkes Bandar Lampung akan verifikasi informasi sebaran cacar

Duh! Penyakit Cacar Air Jangkiti Pelajaran SD di Bandar Lampungvirus cacar air yang dirilis Health Protection Agency Centre For Infections (science.org)

Menanggapi kabar penyebaran penyakit cacar air tersebut, Plt Kepala Dinkes Bandar Lampung Desti Megaputri mengatakan, pihaknya belum menerima laporan tentang sebaran penyakit cacar air dari satuan sekolah di Kota Tapis Berseri.

"Ya, berdasarkan informasi ini akan kami tindaklanjuti dengan melakukan verifikasi lapangan terhadap penyakit tersebut," katanya saat dikonfirmasi IDN Times.

Pascaverifikasi tersebut, ia menyebut petugas Dinkes Bandar Lampung baru akan melaksanakan tata laksana penangangan atau pengobatan dan pencegahan untuk mengantisipasi penularan. "Ini jika kemudian memang ditemukan ada," tandas Desti.

Baca Juga: Lampung Dilanda Cuaca Panas Terik, Mulai Masuk Musim Kemarau? 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya