Dugaan Persekusi di GPI Tulang Bawang, Ini Penjelasan Pendeta 

Kapolres minta semua pihak berhenti lakukan provokasi

Tulang Bawang, IDN Times - Perwakilan Gereja Pantekosta Indonesia (GPI) Tulang Bawang membantah telah terjadi upaya persekusi dilakukan sekelompok warga setempat terhadap perayaan ibadah Natal tengah dilaksanakan umat Kristiani, Sabtu (25/12/2021).

Peryataan itu dikeluarkan menyusul video viral beredar luas di media sosial (medsos) memperlihatkan sekelompok warga menggeruduk gereja dan mempertanyakan izin, ihwal pelaksanaan Natal 2021 di gereja setempat.

"Saya jelaskan bahwa itu salah persepsi, memang benar telah terjadi kesalahpahaman dengan tokoh masyarakat setempat sebelum pelaksanaan kegiatan ibadah. Namun, dapat kami selesaikan dengan baik sehingga ibadah perayaan Natal 2021 jatuh hari Sabtu (25/12/2021), dapat kami laksanakan sampai dengan selesai," kata Pendeta GPI Tulang Bawang, Sopan Sidabutar di Mapolres Tulang Bawang, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Viral! Sekelompok Warga Tulang Bawang Persekusi Ibadah Natal

1. Adu argumen dilatarbelakangi izin pelaksanaan Natal di gereja setempat

Dugaan Persekusi di GPI Tulang Bawang, Ini Penjelasan Pendeta Perwakilan Gereja Pantekosta Indonesia (GPI) Tulang Bawang membantah telah terjadi upaya persekusi dilakukan sekelompok warga setempat terhadap perayaan ibadah Natal. (IDN Times/Istimewa)

Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena turut memastikan, bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Tulang Bawang sampai saat ini dalam keadaan kondusif, aman, rukun dan damai. Menurutnya, kerukunan antar suku dan agama di kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur juga dalam keadaan harmonis.

Terkait permasalahan sempat terjadi GPI Tulang Bawang tersebut, pihaknya Polsek Banjar Agung bersama anggota Koramil Banjar Agung telah mengamankan gereja setempat.

"Warga di sekitar lokasi gereja mempertanyakan perizinan yang dimiliki dan telah dilakukan langkah penyelesaian dengan mediasi oleh anggota Polsek dan Koramil ada saat itu," ucap Hujra.

2. Tegaskan tidak ada upaya persekusi

Dugaan Persekusi di GPI Tulang Bawang, Ini Penjelasan Pendeta Rekaman video memperlihatkan sekelompok warga menggeruduk sebuah gereja dan melarang umat kristiani melaksanakan perayaan ibadah Natal viral di media sosial (medsos). (IDN Times/Istimewa)

Atas pencapaian upaya mediasi tersebut, Kapolres turut mengucapkan terima kasih kepada Pendeta Sopan Sidabutar dan seluruh jemaat, termasuk kepada warga masyarakat Kampung Banjar Agung yang telah berbesar hari mau memberikan ruang dan waktu, sehingga umat ibadah Natal 2021 di GPI Tulang Bawang dapat berjalan hingga selesai.

"Berita provokatif yang sekarang ini lagi viral di media sosial, dapat saya katakan bahwa tidak ada persekusi dalam kegiatan Ibadah Natal," tegas Hujra.

3. Imbau warga berhenti memprovokasi

Dugaan Persekusi di GPI Tulang Bawang, Ini Penjelasan Pendeta Perwakilan Gereja Pantekosta Indonesia (GPI) Tulang Bawang membantah telah terjadi upaya persekusi dilakukan sekelompok warga setempat terhadap perayaan ibadah Natal. (IDN Times/Istimewa)

Mantan Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Lampung tersebut turut mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar bersikap dewasa dalam menyikapi tiap pemberitaan viral. Tujuannya, supaya terhindar dari dampak negatif perkembangan era digitalisasi kian berkembang.

Oleh karena itu, ia pun meminta kepada semua pihak telah memviralkan apapun terkait pemberitaan dugaan persekusi, sehingga menimbulkan aksi provokatif dapat segera memberhentikan aksi tersebut.

"Saya imbau stop, termasuk warga kita baik itu yang ada di Kabupaten Tulang Bawang maupun Provinsi Lampung, ataupun se-Nusantara kita harus dewasa dalam menyikapi apapun informasi kita terima," kata Hujra.

Baca Juga: Lampung Selatan Didaulat Tuan Rumah Liga 3 Indonesia Zona Lampung

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya