Disparbud Sebut Pencemaran Sampah Viral di Pantai Pasir Putih Kiriman

Bakal lakukan Program Gerot Wisata

Intinya Sih...

  • Pencemaran terjadi di Pantai Pasir Putih Desa Tarahan, Kecamatan Katibung karena sampah kiriman dari luar wilayah setempat.
  • Pihak pengelola pantai sudah bergotong-royong membersihkan sampah, namun limbah rumah tangga terus berdatangan hingga kewalahan.
  • Program Gerot Wisata akan dilakukan untuk pembenahan tempat wisata dengan menggandeng dinas maupun instansi terkait lainnya.

Lampung Selatan, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lampung Selatan menyebut pencemaran terjadi di Pantai Pasir Putih berada di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung akibat sampah kiriman dari luar wilayah setempat.

Pernyataan ini menyusul unggahan viral pada sebuah akun TikTok memperlihatkan Pantai Pasir Putih dalam kondisi memprihatinkan dipenuhi limbah sampah.

"Kemarin saya meninjau langsung ke lokasi, hasil konfirmasi kami dengan pihak pengelolaan sampah-sampah itu kebanyakan kiriman dari luar daerah," ujar Kepala Disparbud Kabupaten Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Viral Pantai Pasir Putih Tercemar Sampah, Pengunjung Malah Berenang

1. Mayoritas sampah limbah rumah tangga

Disparbud Sebut Pencemaran Sampah Viral di Pantai Pasir Putih KirimanKepala Disparbud Kabupaten Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani meninjau Pantai Pasir Putih. (IDN Times/Istimewa).

Kurnia melanjutkan, pihak pengelola Pantai Pasir Putih sudah pernah bergotong-royong membersihkan sampah-sampah kiriman tersebut. Namun mayoritas limbah rumah tangga ini terus berdatangan, sampai akhirnya pengelola pantai kewalahan.

"Mereka sudah pernah gotong royong dibersihkan, tapi sampah-sampah ini datang lagi, jadilah menumpuk mereka kesulitan membersihkannya," ucap dia.

2. Bakal gelar Program Gerot Wisata di Pantai Pasir Putih

Disparbud Sebut Pencemaran Sampah Viral di Pantai Pasir Putih KirimanPenampakan Pantai Pasir Putih di Lampung Selatan tercemar limbah sampah. (TikTok/@yani64364).

Lebih lanjut Kurnia menyebut, pihaknya telah mengimbau kepada pengelola pantai setempat dapat terus menjaga kebersihan lingkungan pada salah satu destinasi wisata pantai kenamaan di Lampung Selatan tersebut.

Selain itu, guna mengatasi penumpukan sampah ini bakal melakukan Program Gebrak Gotong Royong Terpadu Menuju Wisata Berkelanjutan (Gerot Wisata) dengan menggandeng dinas maupun instansi terkait lainnya.

"Iya jadi nanti kita gotong royong untuk pembenahan tempat-tempat wisata, khususnya di Pantai Pasir Putih sehingga kita akan koordinasi bersama," tandasnya.

3. Unggahan video viral Pantai Pasir Putih tercemar sampah

Disparbud Sebut Pencemaran Sampah Viral di Pantai Pasir Putih KirimanDestinasi wisata Pantai Pasir Putih. (Instagram/@pantaipasirputih_).

Penampakan Pantai Pasir Putih tercemar sampah ini diketahui diunggah oleh akun medsos TikTok @yani64364. Dalam unggahan tersebut, ceceran sampai tumpukan sampah seperti plastik kemasan makanan hingga botol bekas terjadi di sepanjang bibir pantai .

Di tengah cecera sampah tersebut, terlihat sejumlah wisatawan mulai dari anak-anak hingga kaum dewasan tetap asyik berenang serta mendayung perahu kano.

"penampakan pantai pasir putih..pantainya penuh dengan sampah..SDH masuk bayar mahal tapi tidak sesuai expetasi #fypviral #fyp #pantaipasirputih #viralvideo," tulis keterangan dalam video tersebut.

Baca Juga: Sah! Golkar Usung Petahana Arinal Djunaidi Maju Pilgub Lampung 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya