Dinkes Lampung: COVID-19 Sampai Saat Ini Masih Ada, BOR 2 Persen!

Masyarakat diminta tetap jaga prokes

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengingatkan seluruh masyarakat hingga detik ini pandemik COVID-19 masih ada dan belum berakhir di Tanah Air, termasuk Provinsi Lampung.

Kepala Dinkes Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, pihaknya masih mendapati beberapa kasus positif konfirmasi COVID-19 di beberapa kabupaten/kota dan terbanyak tercatat dari Kota Bandar Lampung.

"Bersamaan ini kami mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga prokes yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau membawa hand sanitizer, hingga menghindari kerumunan," ujarnya, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Tertunduk Lesu, Pencuri Motor Jamaah Masjid Bandar Lampung Tertangkap

1. Layanan vaksinasi tersebar di seluruh puskesmas Lampung

Dinkes Lampung: COVID-19 Sampai Saat Ini Masih Ada, BOR 2 Persen!Kepala Dinkes sekaligus Jubir COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana. (IDN Times/Istimewa)

Selain tetap menjaga prokes, Jubir COVID-19 Provinsi Lampung itu turut meminta kepada masyarakat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Caranya, mengejar cakupan vaksinasi COVID-19 agar tubuh bisa bertahan saat diserang virus tersebut.

Untuk saat ini, vaksinasi COVID-19 tersebut bisa didapatkan di seluruh puskesmas tersebar di Provinsi Lampung, bahkan juga dapat diperoleh dari gerai-gerai vaksinasi tersedia. Itu bertujuan demi meningkatkan cakupan vaksinasi ke tengah-tengah masyarakat, terutama vaksin dosis 3 alias booster.

"Untuk tenaga kesehatan, vaksin booster juga sudah bisa didapatkan di puskesmas maupun gerai-gerai vaksinasi yang sudah disiapkan," kata Reihana.

2. Gerai vaksinasi di Kota Bandar Lampung

Dinkes Lampung: COVID-19 Sampai Saat Ini Masih Ada, BOR 2 Persen!Ilustrasi penyuntikan vaksin COVID-19. IDN Times/Istimewa

Reihana menambahkan, pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder terkait juga membuka gerai vaksinasi COVID-19 di Taman Gajah, Kota Bandar Lampung hingga 11 Agustus 2022.

"Untuk masyarakat silahkan ingin mendapatkan vaksinasi COVID-19, bahkan vaksinasi untuk anak-anak bisa mengunjungi gerai-gerai vaksinasi yang tersedia," imbuh Reihana.

3. BOR Lampung 2 persen

Dinkes Lampung: COVID-19 Sampai Saat Ini Masih Ada, BOR 2 Persen!Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Terkait angka Bed Occupation Rate (BOR) atau tingkat hunian rumah sakit, Reihana menyampaikan, Provinsi Lampung kini berada di angka 2 persen. Pasalnya, beberapa ruang isolasi pada rumah sakit di kabupaten/kota masih merawat pasien COVID-19.

Selain itu, beberapa di antaranya juga harus menjalani perawatan medis penanganan COVID-19 di ruang intensif atau ICU rumah sakit rujukan COVID-19 di Provinsi Lampung.

"Ini mengingatkan kita jangan lengah dan tetap waspada, bahwa COVID-19 masih ada di sekitar kita, tetap harus menjaga prokes agar kita bisa terhindar dari COVID-19," tandas Kadiskes Provinsi Lampung.

Baca Juga: Target Sasaran Total Vaksinasi COVID-19 Lampung Berubah 7.558.816 Jiwa

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya