Diduga Habis Bensin, Motor Guru Tanggamus Dicuri Ditemukan di Semak

Barang bukti kendaraan hingga potongan kunci letter T

Tanggamus, IDN Times - Seorang guru SDN 2 Pekon Campang, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus bernama Hari Sucipto bernafas lega. Pasalnya, kepolisian berhasil menemukan sepeda motor miliknya sempat dibawa kabur pencuri, Senin (13/6/2022) sekira pukul 12.15 WIB.

Kendaraan Yamaha N-Max Nopol BE 5133 QT itu ditemukan di semak-semak area perkebunan pasca selang beberapa jam tindak pidana pencurian berlangsung.

"Diduga saat dikejar petugas Bhabinkamtibmas Aipda Wahyu Widagdo dan Unit Reskrim Polsek Talang Padang, pelaku ini panik dan menyembunyikan motor. Kemudian kabur melarikan diri," ujar Kapolsek Talang Padang, Iptu Bambang Sugiono, Rabu (15/6/2022).

1. Pelaku mengganti plat kendaraan

Diduga Habis Bensin, Motor Guru Tanggamus Dicuri Ditemukan di SemakAksi pencurian sepeda motor berhasil ditemukan di Tanggamus. (IDN Times/Istimewa)

Kapolsek menambahkan, sepeda motor Yamaha N-Max tersebut juga ditemukan dalam keadaan telah berganti plat nomor polisi (nopol) dari BE 5133 QT menjadi BE 6521 AK. Itu dilakukan pelaku guna mengelabui petugas dan masyarakat saat dilakukan pengejaran.

Bersama dengan sepeda motor, kepolisian turut mengamankan barang bukti kejahatan lainnya yaitu, patahan kunci leter T ditemukan di dalam kontak motor, STNK, hingga BPKB dari tangan korban.

"Keberhasilan ini merupakan peran aktif anggota Bhabinkamtibmas dan Unit Reskrim Polsek Talang Padang, yang cepat merespons informasi masyarakat terkait dugaan pencurian dengan pemberatan (Curat)," kata Bambang.

2. Motor raib saat terparkir di pelataran sekolah

Diduga Habis Bensin, Motor Guru Tanggamus Dicuri Ditemukan di SemakAksi pencurian sepeda motor berhasil ditemukan di Tanggamus. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, aksi kejahatan itu berlangsung saat korban Hari memarkirkan kendaraan dengan posisi terkunci stang di pelataran sekolah tempatnya mengajar.

Kemudian korban mendapati kendaraannya tersebut raib. Atas kejadian ini tersebut korban mengalami kerugian senilai Rp16 juta. Selanjutnya, Hari langsung menghubungi Bhabinkamtibmas Aipda Wahyu Widagdo menceritakan mengenai terjadinya peristiwa pencurian motor.

"Berdasarkan ciri-ciri itu, bersama Unit Reskrim dan korban serta keluarganya melakukan pengejaran terhadap kendaraan sekitar 8 KM dari tempat kejadian," kata Kapolsek.

Baca Juga: JPU Tuntut 2 Terdakwa Pembunuh Sadis di Tanggamus Penjara Seumur Hidup

3. Pelaku melarikan diri

Diduga Habis Bensin, Motor Guru Tanggamus Dicuri Ditemukan di SemakIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari hasil pengejaran tersebut, Bambang mengungkapkan, sepeda motor miliknya ditemukan dengan posisi kunci kontak rusak dan ditemukan potongan kunci leter T di lubang kontak, di Pekon Batu Keramat, Kota Agung Timur, Tanggamus, sekitar pukul 15.00 WIB.

Setelah dilihat dan dicek, benar bahwa kendaraan ditemukan ternyata sesuai dengan kendaraan yang hilang milik korban. Namun pelaku telah melarikan diri dari TKP.

"Selanjutnya kendaraan tersebut berikut barang bukti lainnya, langsung kami amankan di Polsek Talang Padang" ucap Kapolsek.

4. Polisi imbau warga pasang kunci ganda

Diduga Habis Bensin, Motor Guru Tanggamus Dicuri Ditemukan di Semakwww.autoby.jp

Guna mencegah kejadian serupa, Kapolsek turut mengimbau masyarakat melakukan penguncian ganda terhadap sepeda motor masing-masing. Tujuannya, guna mencegah dan mengantisipasi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor.

"Saya sarankan pemilik kendaraan bermotor untuk mengamankan sepeda motornya dengan melakukan kunci ganda," imbau Bambang.

5. Korban menyebut motor kehabisan BBM

Diduga Habis Bensin, Motor Guru Tanggamus Dicuri Ditemukan di SemakAksi pencurian sepeda motor berhasil ditemukan di Tanggamus. (IDN Times/Istimewa)

Menurut korban Hari, kendaraan tersebut disembunyikan pelaku lantaran saat proses pengejaran diduga kehabisan bahan bakar, hingga pelaku panik dan seketika menyembunyikan di balik semak-semak area perkebunan. Mengingat, memang dirinya pada saat kejadian belum mengisi BBM kendaraan.

Atas kejadian ini, korban juga berterima kasih kepada pihak kepolisian telah dengan sigap dan cepat menindak upaya-upaya pencurian di wilayah hukum Kabupaten Tanggamus.

"Terima kasih banyak kepada pihak berwajib yang membantu menemukan motor saya. Saya berharap pelaku dapat ditangkap sehingga tidak merajalela kembali," tandas dia.

Baca Juga: Penemuan Kerangka Mayat di Tanggamus, Polisi Tunggu Hasil DNA

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya