Dibangun 2010, Pemprov Lampung Salat Jumat Perdana di Masjid Kota Baru

Ajak masyarakat swadaya lanjutkan pembangunan

Intinya Sih...

  • Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Salat Jumat perdana di Masjid Al-Hijrah Kompleks Kota Baru, Lampung Selatan.
  • Rektor UIN Raden Intan Lampung menjadi khatib dan mengajak masyarakat swadaya untuk melanjutkan pembangunan masjid.
  • Pj Gubernur Lampung Samsudin berharap kegiatan ini menjadi awal bergeliatnya pembangunan masjid dan mengajak semua pihak untuk membantu kelanjutan pembangunan.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar ibadah Salat Jumat perdana di Masjid Al-Hijrah terletak di kompleks pemerintahan Kota Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (6/9/2024).

Salat Jumat perdana di Kompleks Kota Baru ini bertindak sebagai khatib Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin, dengan Imam dan Bilal salat yakni, Edi Susilo serta M Hilba Azmuna Aziz.

Kegiatan diinisiasi oleh Pj Gubernur Lampung Samsudin ini dihadiri puluhan jamaah terdiri pejabat, ASN, sejumlah anggota DPRD Provinsi Lampung, pimpinan perguruan tinggi, dan Forkopimda Pemprov Lampung.

Baca Juga: LBH Desak Bawaslu Seret Polemik KPU Lampung Timur ke DKPP

1. Momentum baik di Rabiul Awal

Dibangun 2010, Pemprov Lampung Salat Jumat Perdana di Masjid Kota BaruSalat Jumat perdana di Masjid Al-Hijrah Kota Baru, Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa).

Dalam penyampaian khutbahnya, Khatib Wan Jamaluddin menyampaikan sekaligus mengingatkan kepada para jamaah, Salat Jumat ini sebagai momentum baik dalam menyambut bulan Hijriah Rabiul Awal.

"Mari galang dana zakat, infak, dan sedekah bersama agar pembangunan Masjid Al-Hijrah Kota Baru ini dapat berlanjut hingga tuntas dan bisa terus dimanfaatkan," serunya.

2. Sebut pertanda awal kelanjutan pembangunan masjid

Dibangun 2010, Pemprov Lampung Salat Jumat Perdana di Masjid Kota BaruSalat Jumat perdana di Masjid Al-Hijrah Kota Baru, Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa).

Pascapelaksanaan Salat Jumat perdana ini, Pj Gubernur Lampung, Samsudin mengatakan, kegiatan serupa diharapkan menjadi pertanda awal kembali bergeliatnya pembangunan masjid telah dibangun sejak 2010 tersebut.

Mengingat, keberadaan bangunan masjid telah berdampingan dengan bangunan utama kantor Gubernur dan gedung DPRD Provinsi Lampung ini baru berjalan sekitar 40 persen.

"Semoga ke depannya ada intensif menempati tempat ibadah di Kota Baru ini dan menandakan awal pembangunan kelanjutan Kota Baru," ujarnya.

3. Ajak semua lapisan masyarakat swadaya bangun masjid Kota Baru

Dibangun 2010, Pemprov Lampung Salat Jumat Perdana di Masjid Kota BaruSalat Jumat perdana di Masjid Al-Hijrah Kota Baru, Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa).

Samsudin turut mengajak para pejabat di lingkungan Pemprov dan Forkopimda Lampung, serta semua pihak bergotong royong bersama-sama membantu kelanjutan pembangunan Masjid Al-Hijrah Kota Baru.

Pasalnya, bangunan diproyeksi bakal menjadi pusat ibadah di kompleks Kota Baru ini tidak akan membebani APBD. Meski demikian, ia optimis pembangunan masjid ini akan tetap rampung.

"Kami mengharapkan partisipasi sumbangan masyarakat melalui zakat, infak, dan sedekah dalam pembangunan masjid. Mari kita bergotong royong ramai-ramai membangun bersama masjid ini," tandas Pj gubernur.

Baca Juga: Cerita Rakyat Asal Usul Lampung dan Dongeng Penuh Makna

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya