Densus 88 Geledah Rumah di Metro Utara, Amankan Buku dan Kaset Jihad

Kapolres Metro benarkan kegiatan penggeledahan

Metro, IDN Times - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dikabarkan menggeledah sebuah rumah berada di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Sabtu (12/11/2022). Sejumlah barang disebut ikut diamankan petugas kepolisian.

Kapolres Metro AKBP, Yuni Iswandari Yuyun membenarkan ihwal kegiatan operasi penggeledahan Tim Densus 88 Antiteror tersebut di wilayah hukum setempat.

"Ya betul, jadi memang benar. Kejadian itu penggeledahan tapi kami dari Polres Metro hanya mendampingi saja," ujarnya kepada IDN Times, Sabtu (12/11/2022).

1. Terknis penggeledahan dilakukan Tim Densus 88

Densus 88 Geledah Rumah di Metro Utara, Amankan Buku dan Kaset JihadIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Terkait detail teknis penggeledahan dan kegiatan rangkaian operasi atas penangkapan terduga teroris, Kapolres tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Meski demikian, dirinya memastikan kegiatan itu berlangsung di Kecamatan Metro Utara.

"Ya itu di Metro Utara, untuk teknis penggeledahan dan apa yang dilakukan oleh Densus 88 kami tidak bisa menjawab. Silahkan ke Mabes saja," ucap Yuni.

Lebih lanjut dirinya juga tak mengetahui persis warga telah dibawa dan diamankan satuan khusus penanganan tindak pidana terorisme tersebut. "Yang mengerti Densus 88, kami hanya mendampingi dan mengamankan saja dari luar," sambungnya.

2. Petugas amankan sejumlah buku dan kaset tentang jihad

Densus 88 Geledah Rumah di Metro Utara, Amankan Buku dan Kaset JihadTim Densus 88 Antiteror Polri dikabarkan menggeledah sebuah rumah terduga teroris berada di Kelurahan Purwosari, Metro. (IDN Times/Istimewa).

Berdasarkan informasi dihimpun dari sumber IDN Times, Densus 88 Antiteror diketahui menemukan dan mengamankan sejumlah buku dan kaset tentang jihad. Penggeledahan itu diketahui berlangsung di warga inisial TI, terjadi sekitar pukul 15.40 WIB.

Dalam proses penggeledahan, sejumlah aparat kepolisian didampingi pamong kelurahan setempat nampak berjaga ketat di sekitar lokasi rumah tengah digeledah.

3. Penggeledahan dikabarkan bukan kali pertama

Densus 88 Geledah Rumah di Metro Utara, Amankan Buku dan Kaset JihadIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA/M N Kanwa)

Lebih lanjut dikabarkan, penggeledahan ini bukan kali pertama. Pasalnya kegiatan serupa di sekitar lokasi setempat dilaporkan sebelumnya sudah pernah berlangsung penggeledahan di salah satu rumah turut berada di Jalan Kucing Purwosari.

Meski demikian, belum diketahui pasti penggeledahan tersebut berkaitan kuat dengan kegiatan penangkapan salah satu terduga terduga teroris di wilayah tertentu.

Baca Juga: Ayah di Lampung Perkosa Anak Tiri Sejak 2021, Korban Kini Berbadan Dua

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya