Demo Sebut Pemilu 2024 Curang, Relawan JAS: Bawaslu Masuk Angin

Istiqamah jaga kemurnian suara

Intinya Sih...

  • Puluhan massa Jaringan Andi Surya (JAS) demo di kantor Bawaslu Provinsi Lampung.
  • Massa tuntut Bawaslu tindak kecurangan pemilu 2024, contoh manipulasi suara Caleg DPR RI Dapil Lampung 1.
  • Ketua Bawaslu Provinsi Lampung tegaskan akan jaga kemurnian suara Pemilu 2024 dan minta pelaporan pelanggaran.

Bandar Lampung, IDN Times - Puluhan massa mengatasnamakan Jaringan Andi Surya (JAS) menggelar aksi demontrasi di kantor Bawaslu Provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung, Rabu (21/2/2024).

Pantauan IDN Times, para peserta aksi mayoritas kaum pria itu menyambangi kantor Bawaslu Provinsi Lampung dengan mengenakan ikat kepala Bendera Merah Putih, serta mengusung sebuah mobil pikap dilengkapi alat pengeras suara.

Massa juga melengkapi diri dengan membawa spanduk bertulis aspirasi. "SELAMATKAN DEMOKRASI!!! TANGKAP BEGAL SUARA", hingga "KAMI TIDAK MENERIMA HASIL PEMILU CURANG.

Baca Juga: Hamil hingga Dicekoki Jamu, Ayah di Lampung Setubuhi 2 Anak Tiri

1. Sebut temuan kecurangan secara TSM dan melibatkan penyelenggara

Demo Sebut Pemilu 2024 Curang, Relawan JAS: Bawaslu Masuk AnginAksi unjuk rasa di Relawan JAS di kantor Bawaslu Provinsi Lampung, Rabu (21/2/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terkait aksi demontrasi tersebut, Ketua Relawan JAS, Irwan Wilantara mengatakan, aksi demonstrasi ini sebagai bentuk tuntutan sekaligus mendesakan terhadap Bawaslu Provinsi Lampung. Itu guna menindaklanjuti temuan serangkaian kecurangan selam proses pemungutan hingga penghitungan suara Pemilu 2024.

Sejumlah kecurangan itu terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di sejumlah kabupaten/kota, bahkan tak jarang melibatkan para penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Bawaslu ini seperti masuk angin, jelas ada kecurangan tapi tidak bertindak. Ada banyak pembegal-pembegal suara di lapangan, ini sudah luar biasa kecurangannya sangat berani," ucapnya saat audiens bersama para anggota Bawaslu Lampung.

2. Aksi diperuntukkan bagi para peserta Pemilu

Demo Sebut Pemilu 2024 Curang, Relawan JAS: Bawaslu Masuk AnginAksi unjuk rasa di Relawan JAS di kantor Bawaslu Provinsi Lampung, Rabu (21/2/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sebagai contoh, Irwan menyampaikan, peroleh suara Andi Surya sebagai Caleg DPR RI Dapil Lampung 1 dari Partai Golkar banyak dimanipulasi misalnya di salah satu TPS Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran dari 26 menjadi 0 suara. Kemudian di TPS Kelurahan Gunung Terang, Bandar Lampung dari 20 menjadi 02 suara.

Kendati demikian, pihaknya berdalih bahwa penyampaian aspirasi itu bukan sekedar diperuntukkan kepada Caleg Andi Surya, melainkan turut mewakili suara para peserta pemilu lainnya guna menjaga proses demokrasi di Tanah Air, khusus Provinsi Lampung.

"Peran kita sebagai masyarakat harus sama-sama mengawal demokrasi berjalan dengan baik. Ini bukan untuk kami pribadi, tapi untuk kita semua. Kami masih meyakini ini adalah keluputan pengawas di lapangan," katanya.

3. Bawaslu sebut tetap istiqamah jaga kemurnian suara

Demo Sebut Pemilu 2024 Curang, Relawan JAS: Bawaslu Masuk AnginAksi unjuk rasa di Relawan JAS di kantor Bawaslu Provinsi Lampung, Rabu (21/2/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Menanggapi aksi demontrasi tersebut, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P Panggar mengatakan, unjuk rasa ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian golongan masyarakat dalam mengawal proses Pemilu 2024.

Oleh karenanya, Bawaslu Provinsi dan jajaran kabupaten/kota ditegaskan akan terus istiqamah menjaga kemurnian suara Pemilu 2024 dan mengajak semua pihak terus mengawasi rekapitulasi suara kini masih bergulir di tingkap kecamatan.

"Kami tegaskan, kalau ada pelanggaran silahkan sampaikan dan akan kami tindak lanjuti secara cepat. Seperti terjadi hari ini, pasti akan kami tindaklanjuti," tandas Iskardo.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya