Dear Pemudik, Tiket Bakauheni Bisa Naik Kapal di Pelabuhan Panjang

Pelayanan diaktifkan hingga H-8 Lebaran atau 18 April 2024

Intinya Sih...

  • ASDP Indonesia Ferry aktifkan rute alternatif Pelabuhan Panjang - Ciwandan selama arus balik Lebaran 2024.
  • Pemudik dengan tiket kendaraan golongan I bebas biaya tambahan untuk penyeberangan di Pelabuhan Panjang.
  • Sebanyak 2.900 kendaraan pemudik telah memanfaatkan rute penyeberangan tersebut hingga 15 April 2024.

Bandar Lampung, IDN Times - ASDP Indonesia Ferry terus mengajak para pemudik memanfaatkan rute penyeberangan alternatif Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung - Pelabuhan Ciwandan, Cilegon selama periode arus balik Lebaran 2024.

Kordinator Pelayanan Pelabuhan Panjang dari ASDP Indonesia Ferry, Umar Imran Batubara mengatakan, pihaknya turut melayani para pemilik tiket penyeberangan Pelabuhan Bakauheni - Merak di Pelabuhan Panjang.

"Iya, jadi dari H+1 Lebaran kemarin, kami ada kebijakan melayani tiket Bakauheni-Merak di Pelabuhan Panjang ini," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Panjang, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: Antrean Panjang dan Tiket Calo Mahal, Pemudik Ogah Lewat Bakauheni

1. Berlaku bagi kendaraan golongan I dan roda empat

Dear Pemudik, Tiket Bakauheni Bisa Naik Kapal di Pelabuhan PanjangAktivitas penyeberangan di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung pada H+6 Lebaran atau Selasa, 16 April 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Umar mengatakan, kebijakan itu berlaku bagi pemudik pemilik tiket kendaraan golongan I atau sepeda motor dan mobil roda empat penyeberangan Pelabuhan Bakauheni - Merak.

Nantinya, para pemudik tersebut akan berlayar dan dilayani dari Pelabuhan Panjang menuju Ciwandan tanpa dikenakan biaya tambahan.

"Tiket itu berlaku untuk tiket penyeberangan kapal reguler, kalau yang eksekutif kita belum melayani. Ini bertujuan agar mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni," imbuhnya.

2. Ada 100 tiket Bakauheni - Merak naik di Pelabuhan Panjang

Dear Pemudik, Tiket Bakauheni Bisa Naik Kapal di Pelabuhan PanjangAktivitas pemudik di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung pada H+6 Lebaran atau Selasa, 16 April 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pascadiberlakukan kebijakan tersebut sejak H+1 Lebaran 2024, Umar mengatakan, sedikitnya terdapat 100 tiket lebih penyeberangan Pelabuhan Bakauheni - Merak mengakses layanan di Pelabuhan Panjang.

Pihaknya hingga kini terus menginformasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat via media sosial (medsos) hingga plang pengumuman disebar di sejumlah titik.

"Sudah, ini terus kita informasikan ke masyarakat lewat media sosial, lalu ada juga yang dijalan kita informasikan di pintu masuk Pelabuhan Panjang," katanya.

3. Puncak arus balik di Pelabuhan Panjang terjadi di H+4 Lebaran

Dear Pemudik, Tiket Bakauheni Bisa Naik Kapal di Pelabuhan PanjangSuasana Pelabuhan Panjang tanpak lenggang pada H+6 Lebaran, Selasa (16/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Selama arus balik Lebaran tahun ini, menyampaikan, sekitar 2.900 unit kendaraan pemudik tercatat telah memanfaatkan rute penyeberangan Pelabuhan Panjang - Ciwandan mulai 12-15 April 2024.

"Untuk penumpang kurang lebih sudah 5 ribuan menyeberang ke Jawa. Kita pelayanan tetap sampai 18 April 2024 dan puncaknya arus balik terjadi kemarin di 14 April 2024," tandasnya.

Baca Juga: Pemudik Asik Pilih Es Krim Gratis di Dapur Lapangan Pelabuhan Panjang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya