Dear Milenial-Gen Z! Kalian jadi Penentu Kemenangan Pilkada Lampung

DPT Pilkada Lampung 2024 didominasi generasi milenial

Intinya Sih...

  • Dominasi generasi milenial dan Z dalam DPT Pilkada Lampung 2024 sangat berpengaruh terhadap perolehan suara calon kepala daerah.
  • Partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 80%, menunjukkan keaktifan pemilih Lampung, sehingga paslon kepala daerah harus memperhatikan kedua segmen kelompok usia ini.
  • Paslon kepala daerah perlu memperhatikan isu keberpihakan terhadap anak muda, seperti lapangan pekerjaan, akses pendidikan, dan janji politik lainnya untuk mendapatkan dukungan generasi milenial dan Z.

Bandar Lampung, IDN Times - Suara pemilih kelompok usia generasi milenial dan Z dinilai amat penting dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung 2024. Kedua segmen pemilih ini bahkan bisa menentukan kemenangan bagi paslon kepala daerah.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila, Bendi Juantara mengatakan, dominasi pemilih kelompok usia generasi Z dan milenial di Pilkada Lampung 2024 akan sangat memengaruhi perolehan suara calon pada tingkatan pemilihan di provinsi hingga kabupaten/kota.

"Gen Z dan milenial di Lampung salah satu segmen pemilih penting, karena dari DPT dua segmen suara ini paling berpotensi menentukan kemenangan," ujarnya dikonfirmasi, Rabu (25/9/2024).

1. Paslon kepala daerah diprediksi beri perhatian lebih ke pemilih milenial dan Gen Z

Dear Milenial-Gen Z! Kalian jadi Penentu Kemenangan Pilkada LampungAkademisi Universitas Lampung (Unila), Bendi Juantara. (IDN Times/Istimewa).

Pilkada tahun ini, Bendi memprediksi kedua segmen kelompok usia pemilih tersebut bakal menjadi perhatian serius bagi Paslon kepala daerah dalam kontestasi November 2024 mendatang.

Bukan tanpa alasan. Pasalnya, bila dilihat dari persentase partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 lalu mencapai 80 persen, atau lebih di atas target persentase nasional. Artinya, ini menunjukan keaktifan pemilih Lampung dalam berpartisipasi di Pemilu.

"Proyeksi kita tentu dalam Pilkada ini partipasi diharapkan meningkat, tinggal variabel apa saja yang nanti memiliki relasi kuat terhadap peningkatan partisipasi pemilih ini, khususnya pada kalangan milenial dan Gen Z," ucapnya.

Baca Juga: Pemilih Generasi Milenial Dominasi DPT Pilkada Lampung 2024

2. Cenderung pada isu keberpihakan anak muda

Dear Milenial-Gen Z! Kalian jadi Penentu Kemenangan Pilkada Lampungilustrasi generasi z dan milenial. (pexels.com/Monstera Production)

Bendi melanjutkan, salah satu variabel penting peningkatan partisipasi pemilih ini terkait hal-hal apa yang bakal menjanjikan bagi paslon kepala daerah terhadap isu keberpihakan terhadap anak muda di Lampung.

Misalnya, terkait penyediaan lapangan pekerjaan kerja, akses pendidikan, dan janji-janji politik lain yang dapat menggugah atau memincut hati pemilih generasi Z dan milenial di Lampung.

"Perlu diingat bagi para paslon, generasi mereka tentu cerdas dalam mencerna apa yang akan dicanangkan dan dijanjikan oleh calon kepala daerah saat ini," ujarnya.

3. Yakini pemilih milenial dan Gen Z cerdas

Dear Milenial-Gen Z! Kalian jadi Penentu Kemenangan Pilkada LampungIlustrasi pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Terkait rasionalisme tersebut, Bendi menambahkan, para pemilih kelompok usia generasi Z dan milenial di Lampung sudah cerdas dalam menentukan sosok pemimpin kepala daerah mendatang.

"Jangan diragukan, mereka cerdas dalam memutuskan mana pilihan pemimpin yang tepat dan berpihak pada anak muda," tandasnya.

4. Pemilih generasi milenial dominasi DPT Pilkada Lampung 2024

Dear Milenial-Gen Z! Kalian jadi Penentu Kemenangan Pilkada Lampungilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Berdasarkan rekapitulasi DPT Pilkada 2024 dirilis KPU Provinsi Lampung, kelompok usia generasi milenial atau kisaran usia 27-42 tahun mendominasi pemilih sebanyak 2.235.583 orang atau 34,31 persen dari total DPT berjumlah 6.515.869 pemilih.

Kemudian dominasi pemilih selanjutnya datang dari generasi X (43-58 tahun) mencapai 1.815.223 orang atau sekitar 27,86 persen, generasi Z (17-26 tahun) sebanyak 1.405.586 atau 21.57 persen.

Lalu generasi Baby Boomer (59-77 tahun) berjumlah 937.440 orang atau setara 14,39 persen, dan generasi lansia (78 tahun ke atas) terhitung 122.037 orang atau 1,87 persen dari DPT.

Baca Juga: Kampanye Pilkada 2024 Dimulai, Polda Lampung Bentuk Tim Patroli Siber

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya