CPNS 2023 Lampung Dibuka, Pemohon SKCK di Polresta Membludak

Cek syarat dan biayanya

Bandar Lampung, IDN Times - Permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Bandar Lampung naik signifikan selama sepekan terakhir atau sejak dibukanya pendaftaran CPNS dan PPPK  per Senin, 20 September 2023.

Kasi Humas Polresta Bandar Lampung, Iptu Sunarto mengatakan, peningkatan pemohon SKCK tersebut mencapai tiga kali lipat, bila dibandingkan dengan pembuatan di hari-hari normal.

"Sekarang mengalami peningkatan (permohonan SKCK) bisa sampai 300 orang per hari, kalau normalnya biasa 60 sampai 100 orang atau pemohon," ujarnya, saat dimintai keterangan, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Mayat Tanpa Kepala di Lampung, Polisi Cocokkan 7 DNA Warga Indramayu

1. Peningkatan seiring pembukaan pendaftaran SKCK dan CPNS

CPNS 2023 Lampung Dibuka, Pemohon SKCK di Polresta MembludakKegiatan permohonan SKCK di Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sunarto, faktor penyebab peningkatan pembuatan permohonan SKCK ini seiring tengah dibukanya pendaftaran seleksi penerimaan CPNS dan PPPK di tingkat pusat hingga daerah pada tahun anggaran 2023.

Pasalnya, seleksi penerimaan tersebut rata-rata mengharuskan pendaftar melampirkan kepemilikan SKCK, guna memenuhi syarat pemberkasan administrasi pelamar.

"Mayoritas untuk keperluan CPNS sama PPPK, ya tentu, kita mempersilahkan masyarakat untuk memanfaatkan layanan kami, selagi pemohon memenuhi syarat pembuatan," ucapnya.

2. Dipersilahkan manfaatkan layanan daring

CPNS 2023 Lampung Dibuka, Pemohon SKCK di Polresta MembludakKegiatan permohonan SKCK di Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Seiring peningkatan pembuatan SKCK, Sunarto menyarankan untuk memaksimalkan pelayanan daring telah disediakan Satintelkam Polresta Bandar Lampung melakukan nomor WhatsApp (WA) 0811-720-215.

Sehingga para pemohon dapat mengirimkan terkait keperluan syarat-syarat kebutuhan pembuatan SKCK tanpa harus mendatangi Mapolres Bandar Lampung.

"Buat teman-teman tidak mau antre bisa menghubungi admin WA kami, nanti dokumen yang diperlukan bisa diserahkan melalui WA dan bila sudah selesai baru dapat langsung diambil di tempat," ujar dia.

3. Biaya pembuatan Rp30 ribu

CPNS 2023 Lampung Dibuka, Pemohon SKCK di Polresta MembludakKegiatan permohonan SKCK di Polresta Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Sunarto mengatakan, ihwal persyaratan bagi para pemohon SKCK di antaranya 1 lembar fotocopy KTP, 1 lembar fotocopy KK, 1 lembar fotocopy akte kelahiran, membuat rumus sidik jari di pelayanan sidik jari dan pas foto berlatar merah 4x6.

Sedangkan untuk biaya pembuatan SKCK, sesuai PP 76 Tahun 2020. Aturan ini menetapkan ditetapkan tarif penerbitan SKCK sebesar Rp30 ribu.

"Jadi tahapannya pemohon harus menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan itu. Terus diserahkan ke loket dan mengisi form biodata. Pembuatan SKCK ini sehari bisa selesai," tandasnya.

Baca Juga: Datangkan Rail Clinic, KAI Tanjungkarang Beri Layanan Kesehatan Gratis

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya