Cek Jalur Seleksinya! ITERA Siapkan Kuota 5.200 Mahasiswa Baru 2024

Tersedia 41 program studi

Intinya Sih...

  • Institut Teknologi Sumatra (ITERA) akan menerima 5.200 mahasiswa baru tahun ajaran 2024 melalui tiga jalur penerimaan.
  • Kuota PMB ITERA 2024 diperuntukkan kebutuhan 41 program studi, dengan seleksi hampir sama seperti tahun sebelumnya.
  • ITERA mematok target pemenuhan kuota di seluruh prodi sebanyak 85 persen dan telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah serta promosi via medsos.

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatra (ITERA) akan menerima sebanyak 5.200 mahasiswa baru tahun ajaran 2024. Kuota ini dibagi tiga jalur penerimaan meliputi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Ujian Mandiri.

Ketua Panitia PMB ITERA 2024, Abdul Rajak mengatakan, ribuan kuota Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini diperuntukkan kebutuhan 41 program studi (Prodi).

"Untuk daya tampung, kita membuka 5.200 tahun ini untuk 41 program studi ada di ITERA," ujarnya saat dimintai keterangan usai acara ITERA Open House 2024, Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga: Kecanduan Film Porno, Mahasiswa ITERA Cabuli Siswi SMP di Kamar Kos

1. Melayani jalur penerimaan SMBP, SMBT, Jalur Mandiri

Cek Jalur Seleksinya! ITERA Siapkan Kuota 5.200 Mahasiswa Baru 2024Kegiatan ITERA Open House 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Abdul Rajak, seleksi penerimaan mahasiswa baru 2024 di kampus ITERA hampir masih serupa dengan mekanisme penerimaan tahun sebelumnya. Itu mengacu Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) Nomor 62 Tahun 2023.

Peraturan itu telah ditetapkan mengubah Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

"Secara garis besar, penerimaan tahun ini hampir sama dengan penerimaan di tahun lalu. Jalur mekanismenya juga sama dengan tahun kemarin, kita punya tiga jalur SMBP, SMBT, Jalur Mandiri," terangnya.

2. Keterisian kuota tahun ajaran 2024 ditarget 85 persen

Cek Jalur Seleksinya! ITERA Siapkan Kuota 5.200 Mahasiswa Baru 2024Kegiatan ITERA Open House 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Khusus penerimaan Jalur Mandiri, Abdul Rajak melanjutkan, ITERA membagi selesai meliputi SMPTN Barat, Prestasi Khusus, dan Jalur Seleksi Mandiri Lanjutan. Alhasil, total terdapat 5 jalur penerimaan masing-masing dua jalur reguler kementerian dan tiga mandiri kampus.

Sejalan dengan ketersediaan daya tampung tersebut, pihaknya mematok target pemenuhan kuota di seluruh prodi sebanyak 85 persen.

"Target tahun ini kita coba naikan, karena sebagai informasi di 2023 masih ada bidang studi tidak terpenuhi kuotanya. Jadi kita targetkan untuk tahun ini bisa semua terpenuhi semuanya, paling tidak di angka 85 persen," ucapnya.

3. Aktif sosialisasi hingga undang sekolah-sekolah

Cek Jalur Seleksinya! ITERA Siapkan Kuota 5.200 Mahasiswa Baru 2024Kegiatan ITERA Open House 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam rangka pemenuhan target ini, Kepala Biro Akademik, Perencanaan, dan Umum ITERA, Sri Sulistiawati menambahkan, pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi keberadaan ITERA ke sekolah-sekolah sejak beberapa waktu terakhor, hingga aktif mempromosikan kampus via medisa sosial (medsos).

Termasuk menggelar kegiatan bertajuk ITERA Open House 2024 kali ini, dengan melibatkan jumlah pendaftar sekitar 800 pelajar dari 75 sekolah di Kabupaten/Kota di Lampung hingga beberapa sekolah dari Palembang dan Jakarta.

"Dalam kegiatan ITERA Open House 2024 selain diisi talkshow, kami juga menyuguhkan pameran seluruh program studi, merasakan kuliah di prodi, hingga campus tour," tandasnya.

Baca Juga: ITERA Raih Peringkat Ke 9 Nasional Kampus Terbaik Versi Nature Index

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya