Bulan Bahasa, BCA Ajak Ratusan Pelajar Lampung Gabung Semarak Literasi

Digelar di SMPN 1 Gadingrejo 26-28 Oktober 2023

Pringsewu, IDN Times - Ratusan pelajar dari Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran mengikuti kegiatan 'Semarak Literasi' diselenggarakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Kegiatan itu dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sastra jatuh setiap Oktober.

Progam Semarak Literasi ini hadir menyapa SMPN 1 Gadingrejo diikuti oleh 188 siswa dari 34 SD dan 20 SMP dari Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran dilaksanakan 26 hingga 28 Oktober 2023.

"BCA mengukuhkan komitmen meningkatkan literasi generasi muda Indonesia melalui program Semarak Literasi. BCA ingin turut berkontribusi meningkatkan literasi dan memberikan wahana, bagi para siswa maupun generasi muda di Indonesia berprestasi serta ketertarikan lebih terhadap sastra," ujar Vice President CSR BCA, Krisbiakto Cahyo Adi, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga: BCA SYNRGY Academy Batch 6 Siap Cetak 231 Talenta Digital Baru 

1. BCA dukung generasi muda tingkatan literasi

Bulan Bahasa, BCA Ajak Ratusan Pelajar Lampung Gabung Semarak LiterasiProgam Semarak Literasi hadir menyapa SMPN 1 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Dalam kegiatan turut dihadiri Kadisdik Pringsewu Budi Heryanto, Pengawas Sekolah tingkat SMA Suharno, serta Kepala BCA KCP Pringsewu Wahyu Emir Zayadi ini, Krisbiakto Cahyo Adi menyatakan, BCA berkomitmen kuat mendukung generasi muda Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas, termasuk dalam peningkatan literasi.

"Sebagaimana kita ketahui, literasi dan sastra sangat penting bagi siswa dan generasi muda. Oleh karena itu, BCA mengadakan Semarak Literasi dalam rangka Bulan Bahasa sebagai bukti komitmen BCA dalam mendukung pendidikan berkualitas dan meningkatkan kecakapan literasi siswa di Indonesia," ucapnya.

Selama tiga hari, BCA akan menghadirkan berbagai kompetisi mulai dari, cipta cerpen, mendongeng,
dramatisasi puisi, olimpiade MIPA, Solo Song competition. "Masih ada banyak kompetisi lainnya menantang siswa-siswi kita untuk meningkatkan kemampuan literasi," tambah dia.

Sebelumnya, rangkaian program Semarak Literasi Bakti BCA ini dibuka secara resmi di SMAN 1
Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul dengan menyelenggarakan Workshop Literasi siswa dan guru, dilanjutkan Kompetisi Literasi dan diakhiri dengan Festival Literasi.

2. Targetkan keterlibatan 2 ribu peserta

Bulan Bahasa, BCA Ajak Ratusan Pelajar Lampung Gabung Semarak LiterasiIlustrasi pelajar(IDN Times/Mardya Shakti)

Selain di Lampung, Krisbiakto menambahkan, program turut membawa semangat #GenerasiPastiBisa ini akan dilaksanakan di beberapa wilayah lainnya seperti DKI Jakarta, Serang, Yogyakarta, dan Jayapura dengan target sebanyak 2 ribu peserta.

Dalam pelaksanaannya di beberapa wilayah di Indonesia, inisiatif ini tidak hanya menciptakan
pendidikan berkualitas tetapi sebagai jembatan menghubungkan semua pihak dalam upaya bersama, untuk meningkatkan kecintaan dan menumbuhkan minat generasi muda menciptakan karya sastra.

Termasuk, keberadaan Semarak Literasi langkah kontribusi BCA dalam membangun ekosistem pendidikan lebih berkualitas, serta memberikan harapan dan peluang kepada generasi muda mencapai potensi sepenuhnya.

“Agar memaksimalkan dampak diberikan dan mengupayakan keberlanjutan, kami
berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, institusi pendidikan, serta pegiat literasi di masing-masing daerah. Kami harap melalui program ini, BCA dapat berkontribusi memajukan pembelajaran dan literasi di Indonesia,” pinta Krisbiakto.

3. Sekolah hingga instansi dinas terkait sambut positif Semarak Literasi

Bulan Bahasa, BCA Ajak Ratusan Pelajar Lampung Gabung Semarak LiterasiIlustrasi Pelajar SD (IDN Times/Mardya Shakti)

Merespona kegiatan Semarak Literasi bersama BCA ini, Kepala Sekolah SMPN 1 Gadingrejo, Heru Siswanto menyambut positif penyelengaraan kegiatan melibatkan ratusan pelajar di dua kabupaten tersebut.

“Melalui acara ini, siswa-siswa memiliki kesempatan untuk lebih dalam menggali sastra, yang kami yakini meningkatkan kualitas literasi siswa SMPN 1 Gadingrejo. Kami berharap, Semarak Literasi BCA dapat menjadi tradisi tahunan yang sangat dinantikan para siswa,” ujarnya.

Sambutan positif serupa turut datang dari Kadisdik Pringsewu, Budi Heryanto mengucapkan terima kasih atas dukungan BCA telah menghadirkan program Semarak Literasi di Lampung, terkhusus di kabupaten setempat.

"Kami harap program dan kompetisi yang siswa-siswa nikmati dapat memberikan dampak positif bagi mereka, untuk mengembangkan minat mereka dalam membaca dan belajar,” jelas Budi.

Baca Juga: BCA Wealth Summit 2023 Ajak Nasabah Raih Kemakmuran Finansial

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya