Bukan Cuma Konsumsi, Jemaah Lampung Juga Kekurangan Kasur Pemondokan

Kakanwil sebut permasalahan sudah diatasi

Bandar Lampung, IDN Times - Kanwil Kemenag Provinsi Lampung angkat bicara ihwal keluhan jemaah asal Kota Metro mengaku kelaparan. Itu lantaran tidak mendapatkan suplai makanan dari pagi hingga siang, Rabu (28/6/2023).

Kepala Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengatakan, pihaknyamengakui ada keterlambatan konsumsi untuk semua jamaah berada di Sektor 47 Mina. Termasuk bagi jemaah haji asal Kota Metro.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan sekarang semua sudah terkendali. Semua jamaah sudah mendapatkan konsumsi mereka," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (29/6/2023).

Baca Juga: Titip Doa Kemenangan Ganjar Pranowo, PDIP Lampung Kurban 10 Ekor Sapi

1. Selain terkendala konsumsi, jemaah juga kekurangan kasur

Bukan Cuma Konsumsi, Jemaah Lampung Juga Kekurangan Kasur PemondokanPanampakan jemaah haji asal Metro, Lampung usai mengalami keterkendalaan konsumsi makanan. (Dok. Pemkot Metro).

Bukan hanya urusan konsumsi, Puji menyampaikan, adanya kekurangan kasur untuk jemaah selama menempati pemondokan. Namun, pihaknya juga telah melakukan penyesuaian dan pengaturan sehingga semua jamaah mendapatkan kenyamanan.

"Kami juga ingin menginformasikan, bahwa kondisi jemaah sebagian besar sudah baik dan mereka telah melakukan lempar jumroh yang pertama," imbuhnya.

Dikatakan Puji, para jemaah asal Lampung kini sedang beristirahat di tenda, untuk persiapan kegiatan lempar jumroh kedua pada 11 Dzulhijjah 1444 Hijriah. "Kami berkomitmen untuk terus memastikan kenyamanan dan keamanan jemaah haji asal Lampung selama menjalankan ibadah haji," sambung Puji.

2. Terus pastikan kenyamanan dan kepuasan jemaah

Bukan Cuma Konsumsi, Jemaah Lampung Juga Kekurangan Kasur PemondokanIlustrasi jemaah haji Lampung. (Dok. Kemenag Lampung).

Berdasarkan informasi dari Ketua Kloter JKG-36, Setyo Pramono, Puji menyebutkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan jemaah haji asal Provinsi Lampung.

Dirinya tak menampik, ada beberapa tantangan dihadapi para jemaah. Namun itu telah dilakukan berbagai penyesuaian, untuk memastikan semua jemaah Lampung mendapatkan pelayanan yang terbaik.

"Kami juga berterima kasih, atas perhatian dan dukungan dari semua pihak terkait pelaksanaan ibadah haji 2023," pungkasnya.

3. Sampaikan terima kasih atas kesabaran jemaah

Bukan Cuma Konsumsi, Jemaah Lampung Juga Kekurangan Kasur PemondokanSuasana Masjid Nabawi, Madinah, yang dipenuhi oleh jemaah di tengah musim haji. (IDN Times/Umi Kalsum)

Mewakili pemerintah daerah, Puji turut mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesabaran para jamaah selama proses rentetan pelaksanaan ibadah hani.

"Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji. Kami juga berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan di masa mendatang," tandasnya.

Baca Juga: Duh! Jemaah Haji Asal Metro Lampung Curhat Kelaparan Tak Dapat Makan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya