Buka Posko! 69 Ribu Penumpang Bakal Tiba di Bandara Radin Inten

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi H-5 dan H-4 Lebaran

Intinya Sih...

  • Posko terpadu angkutan udara Lebaran 2024 dibuka di Bandara Radin Inten II Lampung, beroperasi selama 16 hari mulai 3-18 April 2024
  • Petugas bandara diminta meningkatkan program 3S + 1C (Safety, Security, Services & Compliance) serta pelayanan SCP (Sopan, Cakap, Profesional)
  • Bandara Radin Inten II diprediksi melayani 69 ribu penumpang dengan puncak arus mudik pada H-5 dan H-4 Lebaran

Lampung Selatan, IDN Times - Posko terpadu angkutan udara Lebaran 2024 kembali dibuka dan didirikan di Bandara Radin Inten II Lampung. Posko terpadu ini bakal dioperasikan selama 16 hari mulai 3-18 April 2024.

Posko terpadu angkutan udara Lebaran dilaksanakan pada area selasar terminal keberangkatan bandara setempat. Itu guna memonitor dan memastikan kelancaran, keamanan, serta keselamatan para pengguna jasa angkutan udara tiba maupun berangkat.

"Ini sesuai dengan Intruksi Dirjen Perhubungan Udara tentang penyelenggaraan angkutan udara Lebaran 2024, agar seluruh petugas dan stakeholder Bandara Radin Inten II dapat meningkatkan program 3S + 1C (Safety, Security, Services & Compliance) selama musim mudik Lebaran," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Injourney Aviation Service, Ajar Setiadi saat memimpin pembukaan posko.

Baca Juga: Dear Pemudik, Citilink Kembali Mengudara di Bandara Radin Inten II

1. Ajak petugas kedepankan nilai pelayanan

Buka Posko! 69 Ribu Penumpang Bakal Tiba di Bandara Radin IntenKegiatan pembukaan Posko terpadu angkutan udara Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II Lampung. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Ajar menyampaikan, agar seluruh petugas bandara dapat mengedepankan nilai pelayanan Sopan, Cakap, dan Profesional (SCP) khususnya bagi petugas garda terdepan berhubungan langsung dengan penumpang.

“Sesuai dengan intruksi Dirjen Perhubungan, mari kita meningkatkan program 3S + 1C di Bandara Radin Inten II Lampung, serta mengedepankan pelayanan SCP atau yang biasa disebut dengan Sopan, Cakap dan Profesional,’’ ajaknya.

2. Selama periode angkutan Lebaran diperkirakan ada 69 ribu pergerakan penumpang

Buka Posko! 69 Ribu Penumpang Bakal Tiba di Bandara Radin IntenBandara Raden Intan II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Executive General Manager Bandara Radin Inten II, Untung Basuki menjelaskan, posko terpadu akan dilaksanakan selama 16 hari mulai 3-18 April 2024 melibatkan TNI/POLRI, Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, Airnav, Basarnas, BMKG, Pertamina, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, serta seluruh pihak maskapai dan ground handling.

Selama periode angkutan Lebaran 2024, Bandara Radin Inten II diprediksi akan melayani sebanyak 69 ribu penumpang termasuk didalamnya terdapat penumpang menggunakan penerbangan tambahan atau extra flight dari maskapai Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, dan Lion Air.

“Diperkirakan pergerakan penumpang akan mencapai 69 ribu dan akan mencapai puncaknya pada 5 dan 6 April 2024 atau H-5 dan H-4 Lebaran, dengan total pergerakan penumpang tiba dan berangkat rata-rata 4.700 penumpang, baik menggunakan regular atau extra flight," katanya.

3. Pergerakan pesawat dan kargo diprediksi ikut meningkat

Buka Posko! 69 Ribu Penumpang Bakal Tiba di Bandara Radin IntenBandara Raden Inten II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Untung menambahkan, pergerakan pesawat dan kargo akan ikut mengalami peningkatan. Diperkiraan mencapai 464 pergerakan pesawat dan kargo diperkirakan sebesar 51 ton.

“Musim mudik Lebaran tahun ini menjadi momentum bagi kita semua untuk dapat bangkit dan tetap optimis. Oleh karenanya, mari kita pastikan arus mudik lebaran kali ini berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar sesuai ketentuan yang berlaku," tandas dia.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Radin Inten II 5-6 April

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya