BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Lampung

Peringatan dini 12-14 Maret 2024

Intinya Sih...

  • BMKG Maritim Lampung keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Provinsi Lampung selama 3 hari.
  • Potensi hujan lebat, kilat/petir, dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah Lampung dalam periode 12-14 Maret 2024.
  • Masyarakat diimbau waspada, memperbarui informasi cuaca BMKG, menghindari aktivitas melaut, dan antisipasi potensi banjir pesisir.

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Maritim Lampung mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem melanda Provinsi Lampung selama 3 hari mulai Senin (12/3/2024) sampai Kamis (14/3/2024).

Prakirawan BMKG Maritim Lampung, Eka Suci Puspita mengatakan, cuaca ekstrem itu diperkirakan menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat, akibat adanya signifikansi dinamika atmosfer dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi dalam sepekan, untuk Lampung, kami sudah mengeluarkan imbauan peringatan dini untuk tiga hari ke depan," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga: Hujan Lebat, BMKG Imbau Warga Lampung Waspada Banjir dan Longsor

1. Mayoritas wilayah diprakirakan diguyur hujan lebat disertai angin kencang

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Lampungilustrasi berlindung di dalam mobil saat hujan (freepik.com/rawpixel.com)

Eka menjelaskan, peringatan dini terjadi Selasa (12/3/2024) meliputi waspada potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Lampung Tengah, Metro, Lampung Selatan, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Timur, Bandar Lampung, Lampung Utara, Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat pada siang, malam dan dini hari.

Kemudian Rabu (13/3/2023), waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pringsewu, Bandar Lampung, Metro, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Lampung Utara pada siang dan malam hari.

Sedangkan peringatan dini cuaca ekstrem, Kamis (14/3/2024), waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran dan Pringsewu pada siang dan sore hari.

"Dalam tiga hari ke depan, mayoritas wilayah Provinsi Lampung diperkirakan bakal digugur hujan lebat disertai angin kencang," ucapnya.

2. Masyarakat diimbau waspada

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di LampungBMKG

Eka menyampaikan, BMKG akan terus memantau kondisi cuaca dan perubahannya berdasarkan data dan analisas terkini selama 24 jam dalam sepekan ke depan. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap peningkatan curah hujan.

Termasuk memperbarui informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca dari BMKG melalui aplikasi iOS dan android "Info BMKG"; website BMKG https://www.bmkg.go.id, untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan; dan akun media sosial @infobmkg.

"Dapat juga, masyarakat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. Potensi cuaca ekstrem ini kemungkinan terjadi dalam seminggu kedepan," imbuhnya.

3. Banjir rob berpotensi terjadi di pesisir

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di LampungGoogle

Eka melanjutkan, bagi nelayan juga diminta menghindari aktivitas melaut untuk beberapa hari ke depan, dikarenakan potensi angin kencang ikut terjadi seiring turunnya hujan lebat hingga sedang sebagaimana peringatan dini tersebut.

Selain itu, potensi banjir pesisir (rob) juga dapat terjadi di wilayah dekat perairan yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Iya, cuaca ekstrem ini juga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," tandasnya.

Baca Juga: Warga Kembali Diserang Harimau, Massa Bakar Kantor PPA Suoh

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya