Blackout Gangguan SUTT, Pemprov Lampung: Jangan Panik Tetap Tenang

Minta masyarakat waspada

Intinya Sih...

  • Pemprov Lampung minta masyarakat tenang dalam menghadapi pemadaman listrik serentak yang disebabkan gangguan tranmisi SUTT 275 KV Linggau-Lahat.
  • Masyarakat diminta waspada saat gelap dan meninggalkan rumah, serta menggunakan stopkontak lampu seperlunya untuk kondisi terang.
  • Perwakilan dari Indosat Ooredoo Hutchison dan Telkomsel memohon maaf atas kendala layanan telepon, sms, dan data internet akibat pemadaman listrik secara massal di Sumatera.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap tenang dalam menyikapi kondisi blackout alias pemadangan listrik terjadi serentak, Selasa (4/6/2024).

Kondisi blackout akibat gangguan tranmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 275 KV Linggau-Lahat berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah Sumbagsel ini diketahui masih melanda sebagaian daerah di Provinsi Lampung hingga malam hari ini.

"Masyarakat jangan panik dan tetap tenang dengan kejadian ini, karena saat ini masih padam dan menjelang malam," ujar Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Warga Bandar Lampung Keluhkan Listrik Padam, Begini Penjelasan PLN

1. Masyarakat diminta waspada saat kondisi gelap

Blackout Gangguan SUTT, Pemprov Lampung: Jangan Panik Tetap Tenanglilin sebagai simbol harapan (Pexels.com/Anna Shvets)

Seiring dengan kondisi ini Saefulloh melanjutkan, pemerintah daerah turut meminta agar masyarakat lebih waspada pada saat situasi gelap, dikarenakan kurangnya penerangan atau pencahayaan di lingkungan masing-masing.

"Apabila akan melakukan kegiatan keluar, maka jangan lupa untuk mengunci pintu rumah," pungkasnya.

Masyarakat hendak meninggalkan rumah diharap menyalakan stopkontak lampu seperlunya. "Iya, jadi pada saat listrik sudah menyala maka kondisi rumah yang ditinggalkan dalam kondisi terang," tambah dia.

2. Indosat sampaikan permohonan maaf ke pelanggan

Blackout Gangguan SUTT, Pemprov Lampung: Jangan Panik Tetap Tenangilustrasi menggunakan telpon seluler di depan laptop (pexels.com/Engin Akyurt)

Serupa menyikapi kondisi blackout tersebut, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang menyampaikan, pihaknya memohon maaf atas kendala layanan pada jaringan telepon, sms, dan data internet dialami para pelanggan di sebagian wilayah Sumatera.

"Kami memohon maaf ini dikarenakan adanya pemadaman listrik secara massal," ucapnya.

3. Upayakan komunikasi pelanggan tetap lancar

Blackout Gangguan SUTT, Pemprov Lampung: Jangan Panik Tetap Tenangilustrasi sedang telpon (pexels.com/Anna Shvets)

Lebih lanjut Steve Saerang mengatakan, pihaknya kini terus berkoordinasi intens dengan pihak terkait, untuk memulihkan layanan pada Indosat sesegera mungkin.

"Indosat senantiasa berkomitmen untuk terus memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan lancar dimanapun dan dalam situasi apapun," tandasnya.

4. Pemadaman berdampak operasional BTS Telkomsel

Blackout Gangguan SUTT, Pemprov Lampung: Jangan Panik Tetap TenangTelkomsel telah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh lokasi rangkaian kegiatan World Water Forum 2024 di Bali. (Dok. Telkomsel).

Hal senada disampaikan VP Area Network Operations Telkomsel Sumatera - Nugroho A Wibowo. Ia menyebit, adanya penurunan kualitas jaringan Telkomsel akibat pemadaman listrik di sejumlah wilayah Sumatera, khususnya wilayah Sumatera Selatan pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas terjadinya penurunan kualitas jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut.

"Penurunan kualitas layanan terjadi dikarenakan adanya pemadaman listrik yang berdampak pada operasional sejumlah BTS di wilayah tersebut. Telkomsel akan terus memaksimalkan sistem catu daya yang dimiliki untuk memberikan layanan seluler yang optimal," paparnya.

Nugroho menambahkan, saat ini, terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memulihkan layanan kami agar pelanggan dapat kembali menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

Baca Juga: Dugaan Oligopsoni, KPPU Selidiki 4 Eksportir Lada Hitam di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya