Begini Kesaksian Korban Selamat dari Serangan Harimau di Lampung Barat

Sempat bergumul hingga melawan harimau

Intinya Sih...

  • Samanan (41) selamat dari serangan harimau Sumatera saat berkebun di Lampung Barat
  • Terkaman harimau dihalau dengan tangan kanan dan golok, harimau akhirnya pergi meninggalkan Samanan
  • Samanan berharap pihak otoritas kehutanan setempat dapat mengambil langkah cepat menangkap harimau yang meresahkan warga

Lampung Barat, IDN Times - Samanan (41), korban selamat dari serangan harimau Sumatera saat berkebun di Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat mengaku sempat bergumul melawan menghindari terkaman hewan pemilik nama latin Panthera tigris sumatrae.

Peristiwa nahas itu diakui Samanan terjadi saat hendak pulang ke kediaman usai beraktivitas di kebunnya terletak di Bukit Cibatuan Cibitung, Senin (11/3/2024) sekitar pukul 15.30 WIB.

"Kejadiannya saya abis nyemprot, nanam timun. Nah pas mau pulang itu," ujarnya dengan kondisi kepada diperban, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Warga Kembali Diserang Harimau, Massa Bakar Kantor PPA Suoh

1. Tanpa terdengar auman, tiba-tiba muncul dan menyerang

Begini Kesaksian Korban Selamat dari Serangan Harimau di Lampung BaratGajah atau Harimau yang Akan Menang (pexels.com/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Di tengah perjalanan hendak meninggalkan area perkebunan tersebut, langkah Samanan tiba-tiba terhenti di sekitaran batang kopi dan sekilas memangkas tunas tanaman tersebut.

Tanpa mendengar auman, ia seketika dikejutkan dengan kemunculan harimau berukuran besar sepanjang dua meter yang langsung melompat menyerang dirinya.

"Macam itu lompat dari depan. Untungnya tangan (kanan) saya ini nahan begini (menghalau terkaman macan), kalau gak ketahan kayanya ini (leher) yang kena sasaran," ucapnya.

2. Serangan harimau sempat memanggut kepala belakang korban

Begini Kesaksian Korban Selamat dari Serangan Harimau di Lampung BaratFreepik

Terkaman harimau dihalau dengan tangan kanannya itu juga sempat memanggut kepala bagian belakang Samanan. Ia tersungkur dan bergumul dengan harimau terus memberikan perlawanan dengan mengibas-ibaskan golok berada digenggamnya.

Beruntung, berkat upayanya tersebut harimau Sumatera telah memangsa dua korban jiwa selama satu bulan terakhir itu, akhirnya pergi meninggalkan Samanan.

"Untuk luka-luka cuma kepala belakang. Iya (menerima sejumlah jaitan)," ucap pria sehari-hari berprofesi sebagai petani tersebut.

3. Harap cepat ditangkap dan dievakuasi

Begini Kesaksian Korban Selamat dari Serangan Harimau di Lampung BaratTim gabungan evakuasi harimau sumatra di Lampung Barat. (IDN Times/Istimewa).

Berkaca atas peristiwa menimpa dirinya ini, Samanan berharap pihak otoritas kehutanan setempat dapat mengambil langkah cepat, guna menangkap dan mengevakuasi harimau diakui sudah amat meresahkan warga, khususnya petani setempat.

"Ya kalau saya sih maunya ditangkap, sudah meresahkan warga sini," tandas Samanan.

Baca Juga: Kantor PPA Suoh Dibakar, Polda Lampung Minta Warga Tahan Diri

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya