Arus Balik 2024 Pelabuhan Bakauheni Lanjut hingga Akhir Pekan Ini

Tersisa sekitar 179 ribu pemudik belum kembali ke Jawa

Intinya Sih...

  • Arus balik Lebaran 2024 masih terjadi hingga akhir pekan ini, dengan sekitar 179 ribu pemudik belum kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera via Pelabuhan Bakauheni.
  • Puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada H+4 Idul Fitri, dengan total penumpang mencapai 158.935 orang dan kendaraan roda dua 14.802 unit, kendaraan roda empat 19.371 unit.
  • Selama periode arus balik, Pelabuhan Bakauheni tidak mengalami kendala secara menonjol atau signifikan, berkat kesiapan petugas dan kebijakan radius pembelian tiket kapal sejauh 4,2 Km.

Lampung Selatan, IDN Times - ASDP Cabang Bakauheni memperkirakan arus balik Lebaran 2024 masih akan terjadi berangsur hingga akhir pekan ini. Itu seiring belum kembalinya sekitar 179 ribu pemudik ke Pulau Jawa dari Sumatera via Pelabuhan Bakauheni.

GM ASDP Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko mengatakan, angka 179 ribu orang atau sekitar 20 persen pemudik itu merupakan total keseluruhan 835.718 orang datang dari Pulau Jawa dan tiba di Pelabuhan Bakauheni pada masa arus mudik Lebaran kemarin.

"Sisanya mungkin akan terbagi beberapa hari ke depan, paling nanti pada saat weekend, seperti biasa, angka rata-rata 10-17 ribu. Jadi secara arus di angka tersebut masih dapat tertangani, inshaAllah dalam kondisi baik dan lancar," ujarnya dimintai keterangan, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga: Antrean Panjang dan Tiket Calo Mahal, Pemudik Ogah Lewat Bakauheni

1. Kapal besar dan cepat dioperasikan pada arus balik

Arus Balik 2024 Pelabuhan Bakauheni Lanjut hingga Akhir Pekan IniGM ASDP Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko. (IDN Times/Istimewa).

Rudi melanjutkan, puncak arus balik lebaran tahun ini di Pelabuhan Bakauheni dikatakan sudah terjadi pada H+4 Idul Fitri atau tepatnya 14 April 2024, dengan realisasi total penumpang mencapai 158.935 orang dan kendaraan roda dua 14.802 unit, kendaraan roda empat 19.371 unit.

Saat itu, pihaknya mengakomodir pelayanan dengan mengoperasikan sebanyak 35 unit kapal besar dan cepat, hingga arus kendaraan tak menjumpai kendala dan disebut bisa tetap mengalir mulai dermaga eksekutif sampai reguler 1-6.

"Alhamdulilah saat puncak arus balik dak ada kendala. Ini tentunya dilakukan sesuai SOP yang ada dan dibantu stakeholder terkait terlibat di dalamnya, serta didukung koordinasi semua pihak baik itu TNI-Polri dan ASDP," ucapnya.

2. Klaim tak dapati kendala menonjol

Arus Balik 2024 Pelabuhan Bakauheni Lanjut hingga Akhir Pekan IniSuasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Selama periode arus balik, Rudi menyampaikan, Pelabuhan Bakauheni tidak menjumpai kendala secara menonjol atau signifikan. Itu dikatakan tak lepas dari kesiapan petugas sudah dipersiapkan baik secara internal maupun eksternal.

"Komunikasi terjalin sangat baik. Alhamdulillah ini bisa memberikan pelayanan baik kepada pengguna jasa, ini bisa kita rasakan terjadi peningkatan dari tahun lalu tapi secara penanganan bisa tertangani dengan baik," katanya.

Selain itu, kebijakan radius pembelian tiket kapal 4,2 Km berlaku diakui turut mendukung upaya penanganan arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni. "Basisnya, pertama untuk kedisiplinan pengguna jasa membeli tiket dari jauh-jauh hari, kedua, agar di pelabuhan tidak terjadi antrean, ketiga, penumpang tidak terjebak membeli tiket di calo karena otomatis harganya lebih tinggi," tambah dia.

3. Arus balik berlangsung aman dan lancar

Arus Balik 2024 Pelabuhan Bakauheni Lanjut hingga Akhir Pekan IniSuasana arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (13/4/2024) sore. (IDN Times/Martin L Tobing).

Seiring dengan upaya-upaya tersebut, Rudi menyatakan, secara keseluruhan periode arus balik Lebaran 2024 terjadi di Pelabuhan Bakauheni dapat berjalan aman, selamat, dan lancar. Ia meyakinkan para penumpang dapat merasakan mudik dengan ceria dan aman.

"Mudah-mudahan ini bisa dirasakan oleh para pengguna jasa kita, baik penggunaan jalan kaki maupun dalam kendaraan. Alhamdulillah, ini hasil yang menggembirakan," tandasnya.

Baca Juga: Dear Pemudik, Tiket Bakauheni Bisa Naik Kapal di Pelabuhan Panjang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya