Aksi Hari Buruh 2024 di Lampung Dikawal 1.203 Polisi

Peserta aksi diimbau tetap tertib

Intinya Sih...

  • 1. 1.203 personel Polda Lampung dan jajaran dikerahkan untuk mengamankan Hari Buruh Internasional di provinsi setempat.
  • 2. Kegiatan pengamanan dilaksanakan Polda Lampung beserta jajaran akan mengedepankan tindakan pencegahan gangguan Kamtibmas.
  • 3. Peserta aksi Hari Buruh di Lampung diimbau agar menyampaikan aspirasinya dengan tertib dan taat terhadap ketentuan, serta tidak melakukan tindakan anarkis.

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 1.203 personel Polda Lampung dan jajaran dikerahkan rangka mengawal dan mengamankan Hari Buruh Internasional di provinsi setempat, Rabu (1/5/2024).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, ribuan pasukan tersebut ditugaskan dan disebar pada 15 kabupaten/kota masing-masing wilayah hukum polres/ta.

"Iya, telah mengerahkan personel untuk mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan Hari Buruh hari ini," ujarnya saat dimintai keterangan.

Baca Juga: Bengkel Disulap Gudang Penampungan BBM di Lampung Selatan Terbakar

1. Pengamanan bersifat pencegahan gangguan Kamtibmas

Aksi Hari Buruh 2024 di Lampung Dikawal 1.203 PolisiPengamanan Hari Buruh 2024 di lingkungan Pemprov Lampung, Rabu (1/5/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Disampaikan Umi, kegiatan pengamanan dilaksanakan Polda Lampung beserta jajaran tersebut akan mengedepankan tindakan bersifat pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Pengamanan ditujukan guna terciptanya dan terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan aksi perayaan May Day 2024 di Provinsi Lampung dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.

"Kepolisian daerah bersama seluruh jajaran melalui koordinasi dengan instansi terkait akan menjaga rangkaian perayaan Hari Buruh ini tetap kondusif dan terkendali," katanya.

2. Aksi buru dipusatkan di Bandar Lampung

Aksi Hari Buruh 2024 di Lampung Dikawal 1.203 PolisiKabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Khusus di wilayah Lampung, Umi menambahkan, aksi unjuk rasa dilaksanakan atau dipusatkan di Kota Bandar Lampung pada lokasi-lokasi seperti Tugu Adipura, Disnaker Provinsi dan Kota Bandar Lampung, serta DPRD Provinsi Lampung.

Oleh karenanya, kepolisian daerah akan melaksanakan kegiatan pengamanan agar pelaksanaan kegiatan unjuk rasa yang dilakukan oleh elemen-elemen masyarakat, ataupun para buruh dan organisasi buruh dapat tetap terjaga kondusifitasnya.

"Ini supaya tidak terjadi dampak-dampak terhadap terganggunya kegiatan masyarakat umum lainnya di Lampung," ucapnya.

3. Imbau peserta aksi tetap tertib

Aksi Hari Buruh 2024 di Lampung Dikawal 1.203 PolisiAksi Hari Buruh di lingkungan Pemprov Lampung, Rabu (1/5/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Umi turut mangimbau agar para peserta aksi Hari Buruh di Lampung bisa menyampaikan aspirasinya dengan tertib dan taat terhadap ketentuan.

Termasuk tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis, maupun merusak fasilitas publik hingga bisa berujung tindak pidana.

"Kami dari kepolisian daerah meminta kerjasamanya, untuk tetap menciptakan situs dan kondisi Kamtibmas kondusif," tandas eks Kapolres Metro tersebut.

Baca Juga: Juru Parkir Bandar Lampung Bobol Rumah Tetangga, Gasak TV hingga Emas!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya