98 Armada Damri di Lampung Siap Layani Pemudik Lebaran 2024 

Puncak arus mudik diperkirakan mulai H-7 Idul Fitri

Intinya Sih...

  • Perum Damri Lampung siapkan 98 armada angkutan untuk mudik Lebaran 2024/1445 Hijriah, meningkat dari 89 armada tahun sebelumnya.
  • Peningkatan armada disesuaikan dengan prediksi peningkatan pemudik sebesar 10%, dari 53.584 penumpang tahun lalu menjadi lebih dari 60 ribu penumpang tahun ini.
  • Momentum puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-7 Idul Fitri, dan Damri Lampung telah menyiapkan berbagai upaya untuk kenyamanan dan keamanan pemudik.

Bandar Lampung, IDN Times - Perusahaan Umum (Perum) Damri cabang Lampung menyiapkan sebanyak 98 unit armada angkutan guna menghadapi periode arus mudik Lebaran 2024/1445 Hijriah.

Asisten Manajer Layanan Jasa Damri Lampung, Agung S mengatakan, total armada disiapkan tersebut jauh lebih banyak dibandingkan masa Mudik Lebaran 2023 hanya 89 armada.

"Tahun ini kita siapkan 98 armada, jadi berdasarkan evaluasi tahun lalu ada sekitar penambahan 10 persen armada di mudik tahun ini, seiring animo masyarakat terbilang cukup tinggi pada tahun sebelumnya," ujar Agung dikonfirmasi, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: 7 Dermaga dan 66 Kapal Ferry Siap Layani Pemudik di Pelabuhan Bakauheni 

1. Diperkirakan 60 ribu penumpang lebih pakai jasa Damri Lampung

98 Armada Damri di Lampung Siap Layani Pemudik Lebaran 2024 Sejumlah penumpang berada di dalam bus yang akan berangkat di Terminal Regional Daya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (18/4/2023). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Agung melanjutkan, penambahan armada angkutan tersebut turut ditunjang prediksi peningkatan pemudik mencapai 10 persen dari tahun lalu dan bakal diperkirakan menggunakan layanan jasa Damri pada mudik Lebaran.

Seperti diketahui, pada tahun lalu jumlah pemudik menggunakan jasa bus Damri mencapai 53.584 penumpang. Sementara tahun ini diperkirakan lebih dari 60 ribu penumpang.

"Di tahun ini, perkiraan kami ada peningkatan jumlah pemudik, maka armada juga kami tambah karena menyesuaikan kondisi permintaan," jelasnya.

2. Puncak arus mudik mulai H-7 Idul Fitri

98 Armada Damri di Lampung Siap Layani Pemudik Lebaran 2024 Terminal Damri Lampung di Rajabasa, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berdasarkan pengamatan, Agus menginformasikan, momentum puncak arus mudik bakal dialami Damri di Provinsi Lampung diperkirakan mulai terjadi pada H-7 atau sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Tapi lonjakan penumpang masih memungkinkan bisa saja terjadi pada akhir Maret nanti.

Selain itu dalam menghadapi mudik Lebaran 2024, Damri Lampung juga sudah menyiapkan berbagai upaya guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang maupun pelanggan.

“Dari rapat bersama Dishub Provinsi Lampung, nanti akan dibentuk posko di masing-masing instansi untuk mengupdate informasi terkait manipulasi jalur dan sebagainya. Kami juga akan memiliki posko internal guna menunjang kelancaran mudik," katanya.

3. Pastikan kesiapan armada angkutan

98 Armada Damri di Lampung Siap Layani Pemudik Lebaran 2024 Armada bus Damri (instagram.com/karoserigunungmas)

Agus menambahkan, seluruh bus Damri tersedia saat ini dipastikan sudah melewati pemeriksaan inspeksi keselamatan atau ramp chek, bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Selain ramp chek sebagai ketentuan pemerintah, pihaknya turut memeriksa rutin dan mendetail ihwal kesiapan armada angkutan bakal mengaspal pada periode mudik Lebaran nanti.

"Kami menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik menggunakan jasa layanan Damri. Tentunya, setelah semua sudah dilakukan, kami siap untuk mendukung suksesnya mudik Lebaran," tandasnya.

Baca Juga: Penumpang Bandara Radin Inten Diprediksi Naik 28 Persen saat Lebaran

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya