83 Pelajar SMA/SMK Seleksi Wakili Lampung Paskibraka Nasional di IKN

Seleksi 12-17 Mei 2024

Intinya Sih...

  • 83 pelajar SMA dan SMK di Lampung berkompetisi dalam seleksi calon anggota Paskibraka 2024
  • Seleksi dilaksanakan mulai 12-17 Mei 2024 untuk mencari anggota Paskibraka terbaik
  • Peserta terpilih akan mewakili Lampung sebagai anggota Paskibraka tingkat nasional di Ibu Kota Nusantara

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 83 pelajar SMA dan SMK di Provinsi Lampung berkompetisi dalam seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Lampung 2024. Kedua peserta terpilih menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional.

Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Lampung, Herman Saleh mengatakan, para pelajar peserta seleksi ini.merupakan hasil seleksi tingkat SMA dan SMK di kabupaten/kota se-Lampung.

"Seleksi calon anggota Paskibraka Provinsi Lampung pada 2024 berjumlah 83 orang peserta, kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan mulai dari 12 Mei 2024 sampai dengan 17 Mei 2024," ujarnya dalam acara pembukaan di Gedung Pusiban, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: Korban Diajak Nonton Bioskop, Pasutri Bandar Lampung Kompak Curi Motor

1. Dua dari 83 peserta seleksi akan wakili Lampung sebagai anggota Paskibraka nasional di IKN

83 Pelajar SMA/SMK Seleksi Wakili Lampung Paskibraka Nasional di IKNPara peserta seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Lampung 2024. (Dok. Pemprov Lampung).

Herman Saleh menambahkan, proses seleksi akan dilaksanakan untuk mencari peserta anggota Paskibraka terbaik dan betul-betul siap secara fisik, mental dan kecerdasan untuk menjadi anggota Paskibraka Provinsi 2024.

Selain itu, dua peserta terpilih nantinya juga akan mewakili Provinsi Lampung menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional yang direncanakan bakal dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam upacara pengibaran bendera pertama di Ibu Kota Negara baru.

"Peserta terpilih akan mendapatkan pembinaan lanjutan berupa wawasan kebangsaan, ideologi pancasila dan parade kesamaptaan yang diharapkan dapat memahami secara utuh makna dari pengibaran bendera yang hakiki," ucapnya.

2. Paskibraka bukan sekadar menaikan bendera

83 Pelajar SMA/SMK Seleksi Wakili Lampung Paskibraka Nasional di IKNPara peserta seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Lampung 2024. (Dok. Pemprov Lampung).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto membuka kegiatan seleksi tersebut menyampaikan salam hormat dan apresiasi atas perjuangan para calon anggota Paskibraka 2024 hingga sampai pada seleksi tingkat provinsi.

"Saya ucapkan selamat dan bangga kepada adik-adik semua, sudah bisa hadir disini untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Lampung merupakan perjuangan yang luar biasa," katanya.

Dikatakan, Paskibraka bukan hanya sekadar menaikkan bendera, namun jauh dari itu, bendera merupakan simbol kedaulatan dan eksistensi suatu negara. Itu ditunjukkan oleh para pemuda pejuang terdahulu pada peristiwa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

"Adik-adik harus bisa menjadi contoh baik bagi pemuda lainnya, tidak hanya saat menjadi Paskibraka, namun nanti setelah menjadi Purna Paskibraka dengan tetap menjaga nama baik dan identitas sebagai anggota Paskibraka," lanjut dia.

3. Ingatkan target Indonesia Emas 2024

83 Pelajar SMA/SMK Seleksi Wakili Lampung Paskibraka Nasional di IKNSekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto. (Dok. Pemprov Lampung).

Bertepatan 2045 merupakan 100 tahun perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, Fahrizal melanjutkan, tahun ini menjadi target sekaligus momen Indonesia sebagai Indonesia Emas 2045 setara dengan negara-negara maju.

"Para anggota Paskibraka saat ini berusia dikisaran 17 dan 18 tahun diharapkan sudah menjadi sosok-sosok pemimpin dan pembaharu sukses dalam bidangnya masing-masing, diusianya yang mencapai 38 sampai 40 tahun di 2045 nanti," tandas Sekdaprov.

Baca Juga: Bus Muatan 18 Penumpang Terjun ke Jurang 50 Meter di Lampung Barat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya