8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama Lebaran

Kondisi jalanan sepi mungkin hanya terjadi setahun sekali

Bandar Lampung, IDN Times - Bandar Lampung adalah Ibu Kota Provinsi Lampung. Di kota ini, rata-rata jalan protokol saban hari ramai dilalui beragam kendaraan.

Bahkan, beberapa ruas jalan seperti Jalan Radin Intan, Teuku Umar, Kartini, Soekarno-Hatta (bypass) dan Sultan Agung 'langganan' ramai kendaraan melintas. Tapi kondisi berbeda dan mungkin hanya terjadi setahun sekali, beberapa ruas jalan biasanya padat kendaraan pada pagi dan sore hari kini terlihat sepi.

Itu merujuk pantauan langsung IDN Times pada hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah sekitar pukul 08.30-09.00 WIB, Senin (2/5/2022). Bagaimana potret ruas jalan Kota Tapis Berseri pada hari lebaran? Berikut selengkapnya.

1. Jalan Raden Intan

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranJalan Raden Intan Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ini merupakan ruas jalan protokol di Bandar Lampung dan titik sentral denyut bisnis serta akses kendaraan menuju pusat perkantoran pemerintah dan swasta tiap hari dilalui masyarakat. Bahkan, saat pagi dan sore hari, kondisi jalan ini padat kendaraan.

Tapi hari pertama Lebaran 2022, kondisi jalan ini sepi kendaraan.

2. Jalan Teuku Umar

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranJalan Teuku Umar Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ruas jalan ini pun termasuk akses utama lalu lalang kendaraan menuju pusat kota bila melintas dari arah Kecamatan Way Halim dan Rajabasa. Begitu juga sebaliknya dari pusat kota semisal dari Jalan Kartini menuju ke Way Halim dan Rajabasa.

Uniknya, sebelum masuk ke Jalan Raden Intan, kendaraan dari arah Way Halim atau Rajabasa pasti melintasi Jalan Teuku Umar. Ibaratnya, ruas jalan ini benang merah menuju pusat kota dan pusat bisnis Bandar Lampung.

Tapi hari pertama Jalan Teuku Umar terdiri dua jalur ini minim dilintasi kendaraan.

3. Jalan Sultan Agung

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranJalan Sultan Agung Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ini salah satu akses jalan utama menuju ke berbagai perumahan di wilayah Way Halim dan sekitarnya. Bahkan, akses menuju Mal Boemi Kedaton bisa melalui jalan ini.

Kondisi jalan ini tiap pagi dan sore hari kerap padat kendaraan dari arah Jalan Teuku Umar menuju ke Sultan Agung. Begitu juga sebaliknya dari arah Sultan Agung menuju Teuku Umar, atau kendaraan putar balik menuju ke Jalan ZA Pagar Alam. 

4. Jalur 2 Way Halim

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranJalur 2 Way Halim Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sejatinya ini masih bagian dari Jalan Sultan Agung. Tapi masyarakat Bandar Lampung familiar menyebut lokasi ini jalur 2 Way Halim. Jalan ini dapat menuju ke berbagai rute seperti Jalan Ki Maja, ke arah Transmart, jalan bypass dan sebagainya.

Ditambah lagi, di seputaran rumah ini banyak pertokoan, pusat kuliner, oekapermukiman warga dan perumahan terkemuka seperti Perum BTN, Perum Way Halim, hingga Way Halim Permai. Pagi ini jalan terpantau lenggang. 

5. Jalan Soekarno-Hatta (bypass)

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranJalan Soekarno-Hatta (bypass) Kota Bandar Lampung. (IDN Times/ Tama Yudha Wiguna).

Jalan Soekarno-Hatta merupakan jalan nasional. Ruas jalan ini termasuk urat nadi perekonomian Lampung karena dilintas berbagai jenis kendaraan seperti bus, truk, ekspedisi hingga kendaraan pribadi.

Bahkan, saat periode mudik lebaran, pemudik dari Pulau Jawa yang tak melintas di Jalan Tol Trans Sumatera, pasti melewati jalur ini. Tapi pada pagi hari Idul Fitri 1443 Hijriah, jalanan ini tampak sepi

6. Jalan Dr. Susilo

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranJalan Dr. Susilo Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Jalan Dr. Susilo termasuk ruas jalan penting di Bandar Lampung. Di jalan ini, ada Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung, Mahan Agung (rumah dinas) Gubernur Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Hotel Marcopolo, BPOM Bandar Lampung dan sebagaianya.

Bahkan, saat ramadan 2022, jalur ini langganan macet karena banyaknya pedagang takjil berjualan. Tapi kondisi pagi ini terpantau sepi kendaraan.

7. Tugu Adipura

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranTugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ini merupakan ikon utama Kota Bandar Lampung dan sering jadi lokasi foto para wisatawan hingga pusat unjuk rasa. Lokasinya berada di pusat kota dan penghubung ke berbagai ruas jalan protokol.

Misalnya, kendaraan dari arah Jalan Raden Intan akan menuju ke Jalan Sudirman, Diponegoro, atau Ahmad Yani pasti melalui Tugu Adipura.

Pagi ini, terpantau lenggang kendaraan.

8. Bundaran Lungsir

8 Potret Jalan Bandar Lampung Sepi Kendaraan, Hari Pertama LebaranBundara Lungsir Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Bundaran Lungsir biasanya warga menyebut daerah ini. Itu lantaran letaknya di tengah antara Jalan Diponegoro dan Jl Dr. Susilo. Bahkan, area ini pun pada hari normal padat dilalui kendaraan. 

Di sekitar area ini ada Masjid Agung Al-Furqon dan kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung. Pagi ini, jalanan terlihat sepi.

Baca Juga: 10 Potret Aktivitas Mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya