5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di Lampung

Pergerakan pemudik difokuskan di area penyeberangan

Intinya Sih...

  • 5 juta pemudik Lebaran 2024 diprediksi masuk dan melintas di Provinsi Lampung
  • Pemerintah fokus pada penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni untuk mengakomodir layanan arus mudik dan balik
  • Buffer zone disiapkan di jalan tol dan arteri serta proses verifikasi tiket kapal ferry bagi calon penumpang

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 5 juta lebih pemudik Lebaran 2024 diprediksi akan masuk dan melintas di Provinsi Lampung. Area penyeberangan dijadikan fokus utama menghadapi momen arus mudik dan balik tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, dari lima jutaan pemudik tersebut sebagian besar diperkirakan bakal bergerak melalui pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

"Dari 193,6 juta itu (prediksi pergerakan pemudik secara nasional), sudah diprediksi pemudik akan masuk Lampung sebagai pintu gerbang Sumatra ada sekitar 5 jutaan pemudik," ujarnya dikonfirmasi, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: H-6 Lebaran, Aktivitas Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni Masih Normal

1. Optimis Pelabuhan Bakauheni siap layani aktivitas pemudik

5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di LampungKepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sebagai langkah menghadapi momen arus mudik dan balik nanti, Bambang mengatakan, pihaknya bakal berfokus pada area penyeberangan tepatnya di Pelabuhan Bakauheni. Itu dikarenakan sejumlah titik simpul moda transportasi di Lampung sejauh ini sudah dapat terkonfirmasi.

Meski demikian, pemerintah daerah sangat optimis Pelabuhan Bakauheni dapat mengakomodir layanan penyeberangan selama periode arus mudik dan balik Lebaran di tahun ini.

"InsyaAllah di Lampung (Pelabuhan Bakauheni) punya dermaga cukup banyak dan luas, jadi yang diantisipasi betul oleh pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan adalah di Merak," katanya.

2. Skema penyeberangan pada arus mudik dan balik

5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di LampungILUSTRASI PELABUHAN. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam menghadapi hari menjelang Lebaran (H-) nanti, Bambang menjelaskan, kebijakan pemanfaatan Pelabuhan Merak, Ciwandan, Indah Kiat, Bojonegara akan diberlakukan tiga skema penyeberangan. Itu meliputi Bojonegara - BBJ dilakukan terpusat, Merak - Bakauheni diperuntukkan bagi penumpang, kendaraan pribadi dan truk kecil.

Kemudian Pelabuhan Ciwandan - Panjang difungsikan sebagai sarana penyeberangan pemudik sepeda motor dan truk kecil. Pemanfaatan ini bakal diberlakukan mulai H-5 hingga H-1 Lebaran 1445 Hijrah.

"Kalau H+ atau arus balik, itu disiapkan tentu di Provinsi Lampung, makanya telah disiapkan buffer zone untuk delaying kendaraan pada jalan tol maupun jalan arteri non tol," ucapnya.

3. Siapkan titik-titik buffer zone menuju arah Pelabuhan Bakauheni

5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di LampungKegiatan pantauan udara di hari pertama Operasi Ketupat Krakatau 2024. (Dok. Polda Lampung).

Bambang menjelaskan, buffer zone atau zona penyangga dimaksud pada jalan tol berada di Km 20 B, Km 33 B, Km 49 B, Km 67 B, dan Km 87 B. Sementara jalan arteri ada Terminal Agribisnis Gayam, Kantor Lama Balai Karantina Pertanian, dan Jembatan Timbang Way Urang, termasuk Rumah Makan Gunung Jati dan Rumah Makan Tiga Saudara.

"Ini sudah siap, nantinya juga diterapkan kondisi darurat ditandai warna hijau, kuning, merah di situlah akan dimainkan dan ditahan kendaraan-kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni," jelasnya.

4. Diberlakukan proses verifikasi hingga radius pembatasan beli tiket

5 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di LampungKondisi arus lalu-lintas periode Nataru 2023/2024 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Istimewa).

Pemerintah daerah bersama stakeholder lainnya di Provinsi Lampung juga akan melakukan proses verifikasi, bagi calon penumpang berkendara tidak memiliki tiket kapal ferry yang akan ditahan di titik buffer zone oleh petugas stoper.

"Nanti setelah pengendara itu sudah punya tiket kapal, maka akan diberikan atau ditempel stiker," ucapnya.

Selain itu, para pengguna kapal juga akan diberlakukan radius pembatasan pembelian tiket kapal 4,2 kilometer pada bagian terluar Pelabuhan Bakauheni.

"Kami akan menyiapkan dan memfasilitasi gerai pembelian tiket kapal di buffer-buffer zone tersebut, hingga dipastikan pengendara masuk area Bakauheni sudah harus punya tiket agar tidak terjadi antrean," tandas eks Pj Bupati Pesisir Barat tersebut.

Baca Juga: Kakorpolairud Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya