38 Pergerakan Pesawat Layani Jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024

Akomodir keberangkatan dan kepulangan 19 Kloter

Intinya Sih...

  • Bandara Radin Inten II melayani keberangkatan dan kepulangan jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024/1445 Hijriah.
  • Total 19 Kloter diberangkatkan dan dipulangkan, dengan 7.276 orang berangkat dan 7.265 orang pulang.
  • Persiapan matang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II untuk memastikan kelancaran perjalanan jemaah haji dari Bandara Radin Inten II Lampung.

Lampung Selatan, IDN Times - Bandara Radin Inten II mencatat sebanyak 38 pergerakan pesawat melayani keberangkatan dan kepulangan para jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024/1445 Hijriah.

Pergerakan pesawat tersebut mengakomodir total 19 kelompok terbang (Kloter), dengan jumlah jemaah berangkat sebanyak 7.276 orang dan jemaah pulang kembali ke Provinsi Lampung sebanyak 7.265 orang.

"Total semuanya 19 Kloter, untuk total masa keberangkatan dan kepulangan jemaah musim haji di tahun ini ada 38 pergerakan pesawat," ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Khaerul Assidiqi dikonfirmasi, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga: Semester Pertama 2024, Penumpang Bandara Radin Inten II Naik 36 Persen

1. 8 jemaah wafat dan 3 jemaah masih dirawat

38 Pergerakan Pesawat Layani Jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024Kedatangan jemaah Haji Antara Provinsi Lampung di Bandara Radin Inten II Lampung. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Dalam masa kepulangan, Khaerul menjelaskan, terdapat 11 jemaah Debarkasi Haji Antara Provinsi Lampung belum kembali ke Tanah Air. Para jemaah ini 8 di antaranya wafat di Tanah Suci dan 3 jemaah lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit negara setempat.

Alhasil, tercatat hanya ada 7.265 jemaah dipulangkan dari total 7.276 orang jemaah haji diberangkatkan melalui Debarkasi Haji Antara Provinsi Lampung.

"Dengan kepulangan jemaah haji kloter terakhir kemarin, maka telah selesai pula fase pemulangan jemaah haji dari Provinsi Lampung,” ucapnya.

2. Berkat kolaborasi dan koordinasi

38 Pergerakan Pesawat Layani Jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024Kedatangan jemaah Haji Antara Provinsi Lampung di Bandara Radin Inten II Lampung. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Selama musim Haji 2024, Khaerul memastikan, PT Angkasa Pura II di Bandara Radin Inten II Lampung telah mempersiapkan dengan matang terkait pemastian kesiapan fasilitas, operasional, hingga personel.

"Sebagai pihak pengelola bandara, kami memastikan pemberian pelayanan untuk memudahkan perjalanan jemaah haji menuju dan kembali dari Tanah Suci,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kesuksesan penyelenggaraan haji melalui Bandara Radin Inten II tahun ini, tak luput berkat koordinasi dan kolaborasi dengan Kementerian Agama Provinsi Lampung serta stakeholder terkait. "Ini upaya bersama dalam memastikan kelancaraan dan keselamatan perjalanan jemaah haji dari Lampung," tambah dia.

3. Terus tingkatkan kualitas pelayanan lebih baik

38 Pergerakan Pesawat Layani Jemaah Haji Antara Provinsi Lampung 2024Kedatangan jemaah Haji Antara Provinsi Lampung di Bandara Radin Inten II Lampung. (Dok. Bandara Radin Inten II).

Mewakili manajemen Bandara Radin Inten II, Khaerul menambahkan, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak telah ikut terlibat dalam penyelenggaraan Haji 2024.

Lebih dari itu, pihaknya juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik sehingga pengalaman penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tetap menjadi bahan evaluasi. Itu guna peningkatan kualitas pelayanan lebih baik di masa mendatang.

“Alhamdulillah, melalui sinergitas antar stakeholder bandara tahun ini, kegiatan Embarkasi Haji dan Debarkasi Haji Antara Provinsi Lampung melalui Bandara Radin Inten II Lampung telah sukses terselenggara dengan baik dan lancar," tandasnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Lampung Tiba, Ini Skema Operasional di Bandara Radin Inten

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya