31 Korban, Ini Kronologi Laka Bus Masuk Jurang di Lampung Barat

Pengendara motor ikut terseret ke dalam jurang

Intinya Sih...

  • Bus Ranau Indah terjun ke jurang di Lampung Barat, menewaskan pengendara motor dan melukai 30 penumpang bus serta sopirnya.
  • 31 korban kecelakaan dievakuasi oleh aparat kepolisian, dengan 21 luka ringan dibawa ke Puskesmas Sumber Jaya dan 9 luka berat dilarikan ke RS Medika Insani, Lampung Utara.
  • Kecelakaan terjadi saat bus Hino kehilangan kendali dan menabrak motor Honda Legenda tanpa nopol yang dikendarai oleh Eko, yang ikut terseret ke dalam jurang bersama bus tersebut.

Lampung Barat, IDN Times - Polisi mengindentifikasi jumlah korban kecelakaan bus Ranau Indah terjun ke dalam jurang di Jalan Lintas Liwa Pekon Simpang Sari, Kecelakaan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Insiden itu termasuk merenggut nyawa seorang pengendara sepeda motor.

Kasatlantas Polres Lampung Barat
Samsi Rizal mengatakan, jumlah korban dalam kecelakaan tersebut sebanyak 31 orang. Ini meliputi 30 korban merupakan penumpang bus termasuk sang sopir dan kernet, 1 korban pengendara motor.

"Dari 30 penumpang bus, 9 di antaranya mengalami luka berat dan 21 orang lainnya luka ringan. Sementara seorang pengendara motor meninggal dunia di lokasi kejadian," ujarnya dikonfirmasi, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Bus Ranau Indah Masuk Jurang di Lampung Barat, 1 Korban Meninggal

1. Para korban telah dievakuasi ke puskesmas hingga rumah sakit

31 Korban, Ini Kronologi Laka Bus Masuk Jurang di Lampung BaratInsiden kecelekaan bus masuk ke dalam jurang kembali terjadi di Kabupaten Lampung Barat. Kali ini menimpa Bus Ranau Indah di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Pekon Simpang Sari,

Samsi melanjutkan, seluruh korban kecelakaan telah dilakukan evakuasi oleh aparat kepolisian dibantu warga setempat. 21 korban luka ringan telah dibawa ke Puskesmas Sumber Jaya dan 9 korban luka berat dilarikan ke RS Medika Insani, Lampung Utara.

Sementara korban meninggal dunia atas nama Eko (47) warga Pekon Simpang Sari, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat telah diserahkan kepada pihak keluarga.

"Termasuk sopir yang membawa kendaraan bus dan kernetnya juga masih dirawat akibat luka-luka di Puskesmas Sumber Jaya," imbuhnya.

2. Dipicu bus mengalami lepas terot

31 Korban, Ini Kronologi Laka Bus Masuk Jurang di Lampung BaratPenampakan bus Ranau Indah masuk jurang di Lampung Barat. (IDN Times/Istimewa).

Dijelaskan Samsi, peristiwa kecelakaan ini bermula saat kendaraan bus Hino nopol BG 7134 V dikemudikan oleh sopir Safarudin (35) melaju dari arah Liwa hendak menuju ke Sumber Jaya, Rabu (3/7/2024) sekitar pukul 15.30 WIB.

Setibanya di TKP dalam kondisi jalan menikung dan menurun tersebut, tiba-tiba pengemudi Safarudin hilang kendali dikarenakan bus mengalami lepas terot. Alhasil, kendaraan tersebut melaju lurus dengan kondisi stir kemudi tidak bisa dikendalikan.

"Di saat itu, bus ini menabrak motor Honda Legenda tanpa nopol yang dikendarai oleh Eko sedang melintas di TKP," ungkap Samsi. 

3. Korban pengendara motor tewas ikut terseret masuk dalam jurang 50 meter

31 Korban, Ini Kronologi Laka Bus Masuk Jurang di Lampung BaratPenampakan bus Ranau Indah masuk jurang di Lampung Barat. (IDN Times/Istimewa).

Pasca tabrakan maut tersebut, Samsi melanjutkan, korban Eko ikut terseret ke dalam jurang sedalam 50 meter bersamaan bus dikemudikan Safarudin. Korban pengendara sepeda motor seketika meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Untuk kerugian material akibat laka lantas ini perkiraan sekitar 30 juta rupiah, saat ini, kami masih melakukan penyelidikan terhadap peristiwa ini," tandas kasatlantas.

Baca Juga: Anggaran Terbatas hingga ODOL, Tantangan Kemantapan Jalan di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya