2 Jamaah Haji Lampung Meninggal Jelang Pulang ke Tanah Air

Total jamah haji Lampung meninggal 5 orang

Bandar Lampung, IDN TImes - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung mengonfirmasi dua jamaah haji asal Lampung meninggal dunia di Tanah Suci, usai menyelesaikan serangkaian ibadah haji 2022/1443 Hijriah.

Kedua jemaah tersebut adalah Yulina Arifin (64) jamaah asal Kota Metro tergabung kelompok terbang (Kloter) 23 Embarkasi Jakarta-Pondokgede (JKG), dan Habibullah Asror jamaah asal Kabupaten Tanggamus dari Kloter 28 Embarkasi JKG.

"Jamaah Yulina meninggal dikaranakan penyakit jantung, sementara jamaah Habibullah tidak mengalami sakit," ujar Plh Kabid Penyelengaraan Haji dan Umroh Kemenag Lampung, Akhor Wiwit Sudiono, saat dimintai keterangan, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: 392 Jamaah Haji Lampung Tiba, 1 Meninggal di Bandara King Abdul Aziz

1. Meninggal saat proses kepulangan ke Tanah Air

2 Jamaah Haji Lampung Meninggal Jelang Pulang ke Tanah AirSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Lebih lanjut Wiwit menjelaskan, almarhumah Yulina dikabarkan mengalami serangan jantung saat berada di Jeddah, Arab Saudi saat proses pemulangan jamaah haji ke Tanah Air. Ia dilaporkan menghembuskan nafas terakhir saat kegiatan visitasi di RS King Abdullah Jeddah, Sabtu (30/7/2022) sekitar pukul 15.00 WAS (Waktu Arab Saudi).

Sementara Habibullah Asror dinyatakan meninggal dunia di penginapan jamaah sebelum kumandang adzan subuh, Minggu (31/7/2022).

"Dari informasi kami terima, Haji Habibullah sebelumnya tidak sakit. Almarhum meninggal hendak dibangunkan untuk menunaikan salat Subuh dan mengaku masuk angin. Kemudian saat dibangunkan lagi, sudah meninggal," terangnya.

2. Total jamaah Lampung kembali 3.289 orang

2 Jamaah Haji Lampung Meninggal Jelang Pulang ke Tanah AirBus rombongan akan mengangkut jemaah haji asal Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Wiwit menambahkan, meninggalnya kedua jamaah tersebut kini menambah jumlah jamaah haji asal Provinsi Lampung wafat di Tanah Suci menjadi 5 orang. Sehingga total jemaah haji pulang ke Tanah Air hanya sebanyak 3.289 dari total keberangkatan 3.294 jemaah.

Selain itu, pihaknya juga akan kembali menyambut kepulangan rombongan jamaah Lampung untuk kloter terakhir asal Kabupaten Pesisir Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Lampung Timur, dan Tanggamus berjumlah 409 jamaah.

"Alhamdulillah dari kedatangan pertama dan hari ini terakhir, kepulangan berjalan dengan lancar dan sukses. Jamaah juga sudah diantarkan ke daerah-daerahnya masing-masing," katanya.

3. Positif COVID-19 hanya 7 jemaah

2 Jamaah Haji Lampung Meninggal Jelang Pulang ke Tanah AirPlh Kabid Penyelengaraan Haji dan Umroh Kemenag Lampung, Akhor Wiwit Sudiono

Selain menginformasikan kepulangan, Wiwit turut menyampaikan, hingga detik ini pihaknya hanya mencatat temuan jamaah konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 7 jamaah. Menurutnya, para jamaah tersebut juga sudah dinyatakan sehat dan selamat.

Apalagi, para jamaah positif COVID-19 tersebut hanya mengalami gejala-gejala ringan dan diminta melaksanakan isolasi mandiri (Isoman) di kediaman masing-masing.

"Kami juga meminta kepada para jamaah lainnya untuk memanfaatkan fasilitas Puskesmas di daerah masing-masing, atau melaporkan ke bagian kesehatan kami bila merasakan tidak enak badan," pintanya.

4. Daftar jamaah Lampung meninggal dunia

2 Jamaah Haji Lampung Meninggal Jelang Pulang ke Tanah AirSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Berikut IDN Times rangkum ke-5 jemaah haji asal Provinsi Lampung meninggal dunia di Tanah Suci.

  • Sri Banun Binti Kartawi, jemaah asal Kabupaten Lampung Tengah
  • Ishak Bin AH. Tarmidi, jemaah asal Kota Bandar Lampung
  • Sahinunnah Abdul Wahid, jemaah asal Bandar Lampung
  • Yulina Arifin, jemaah asal Kota Metro
  • Habibullah Asror, jemaah asal Kabupaten Tanggamus

Baca Juga: 7 Jamaah Haji Lampung Terkonfirmasi Positif COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya