Warga Metro Protes Jalan Rusak, Pemkot: Akan Perbaiki demi Mudik Aman

Jalan kota, provinsi atau negara di Metro akan diperbaiki

Intinya Sih...

  • Keluhan warganet tentang kondisi jalan rusak di Kota Metro
  • Salah satu guru mengeluhkan jalan rusak karena harus melalui jalan tersebut setiap hari
  • Wali Kota Metro, Wahdi, memerintahkan perbaikan jalan dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) sebagai persiapan arus mudik Lebaran 2024

Metro, IDN Times - Kondisi jalan rusak di Kota Metro menjadi keluhan warganet di media sosial karena akses jalan di tengah kota banyak lubang besar. Jalan rusak berlubang cukup parah dikeluhkan warganet di antaranya, Jalan dari bundaran 24 menuju Jalan Sultan Sahrir, Tejo Agung, Bundaran ke arah Jalan Ahmad Yani Gudang Bawang Lanang dan Jalan WR Supratman 22 Hadimulya Kota Metro.

Salah satu guru di Kota Metro mengeluhkan jalan rusak di Jalan WR Supratman 22 Hadimulya karena harus melalui jalan tersebut setiap hari untuk sampai di tempat mengajar.

"Pernah kejadian waktu hujan hari Senin, lalu motor saya masuk ke lobang paling dalam di jalan itu. Wasalamualaikum deh," ucapnya pasrah.

Warga lainnya, pemilik usaha salon kecantikan di Jalan Sultan Sahrir merasa usahanya dan usaha lain di sekitar jalan tersebut semakin sepi akibat jalan semakin rusak parah.

"Sedih banget, semenjak jalannya semakin rusak parah, ngaruh banget ke usaha di sekitar jalan itu termasuk salonku. Sebelumnya gak separah itu, masih sering kita tambal warga situ gotong royong. Tapi sekarang makin ancur, mana pas di depan salonku," tuturnya.

Baca Juga: Kendaraan Barang Dibatasi saat Lebaran di Lampung, Ini Ketentuannya!

1. Persiapan arus mudik, wali kota Metro akan perbaiki jalan

Warga Metro Protes Jalan Rusak, Pemkot: Akan Perbaiki demi Mudik AmanPotret jalan rusak di Kota Metro (instagram/seputarkotametro)

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, akan mulai melakukan perbaikan jalan milik negara, provinsi maupun kota, serta pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di kota setempat.

Menurutnya,  perbaikan tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 1445 H/ 2024 M dan memastikan arus mudik Lebaran 2024 di Kota Metro berjalan lancar dan aman.

2. Wahdi minta Dinas PUTR segera perbaiki jalan rusak

Warga Metro Protes Jalan Rusak, Pemkot: Akan Perbaiki demi Mudik AmanPotret jalan rusak di Kota Metro (instagram/seputarkotametro)

Wahdi perintahkan Dinas PUTR untuk segera diselesaikan perbaikannnya menggunakan anggaran rutin dan anggaran pemeliharaan Dinas tersebut.

“Kita sudah rapatkan hal ini dan saya langsung yang memimpin rapat koordinasi dan konsolidasi pembangunan menyambut Idul Fitri 2024 ini. Persiapan seperti ini sudah kita lakukan rutin setiap tahun untuk memastikan arus mudik aman dan lancar,” kata Wahdi, Kamis (21/3/2024).

Disampaikan Wahdi, panjang jalan negara di Kota Metro saat ini ada 9,8 Km, lalu sekitar 15 Km jalan provinsi kondisinya 85 persen baik. Kemudian, total ada sekitar 567 Km jalan kota kondisinya 84 persen baik.

“Untuk kemantapan jalan total kita yang tertinggi di Provinsi Lampung. Tapi masih ada jalan yang butuh perbaikan, makanya saya sudah minta ke Dinas PUTR untuk segera diperbaiki,” jelasnya.

3. Sebelum lebaran sebagian jalan rusak akan diperbaiki

Warga Metro Protes Jalan Rusak, Pemkot: Akan Perbaiki demi Mudik AmanPotret jalan rusak di Kota Metro (instagram/seputarkotametro)

Menurut Wah di, perbaikan jalan tersebut akan selesai dilaksanakan pada April 2024 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah agar arus mudik di Kota Metro lancar dan aman.

“Memang belum selesai semua, tapi sebelum lebaran sebagian jalan negara, provinsi dan kota yang rusak akan diperbaiki menggunakan dana pemeliharaan,” paparnya.

Ia menambahkan, terkait lampu penerangan jalan umum (LPJU) pada tahun ini akan dipasang 300 titik yang tersebar di 22 kelurahan yang ada di Kota Metro.

“LPJU sudah mulai dipasang, ini juga salah satu persiapan kita. Mungkin nanti sebelum lebaran ada beberapa titik yang sudah terpasang,” imbuhnya.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya