Vaksinasi Massal di GSG Unila, Mahasiswa Bingung Isi Kartu Vaksin

Vaksinasi di GSG Unila hanya dilakukan satu hari

Bandar Lampung, IDN Times - Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75, Polri menggelar vaksinasi massal di seluruh Indonesia. Di Bandar Lampung, vaksinasi digelar di 11 titik, salah satunya di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Sabtu (26/6/2021).

Sejak pagi sekira pukul 07.00 WIB peserta vaksinasi sudah antre di depan pelataran GSG Unila untuk melakukan registrasi.

1. Peserta kebingungan mengisi kartu vaksinasi

Vaksinasi Massal di GSG Unila, Mahasiswa Bingung Isi Kartu VaksinPeserta vaksin kebingungan saat mengisi kartu vaksinasi (IDN Times/Silviana)

Pantauan IDN Times, peserta yang antre untuk vaksinasi memang didominasi oleh mahasiswa. Banyaknya mahasiswa yang antusias datang vaksin membuat panitia kewalahan. Terlebih saat mengumpulkan kartu vaksinasi ternyata beberapa peserta tidak mengisi data kesehatan sebagai syarat untuk divaksin.

Menurut salah satu mahasiswa,  kuesioner tentang riwayat kesehatan itu diisi oleh pihak tenaga kesehatan. "Waktu dikasih tidak diberi tahu harus di isi atau tidak," kata salah satu mahasiswa.

Namun demikian, para petugas berusaha tegas menertibkan para peserta vaksin supaya tidak terjadi kerumunan di dalam gedung GSG.

Baca Juga: Warga Bandar Lampung, Ini Imbauan Dinkes-IDI Antisipasi COVID-19 Delta

2. Peserta takut kerumunan saat vaksin

Vaksinasi Massal di GSG Unila, Mahasiswa Bingung Isi Kartu VaksinPetugas memberi arahan pada peserta vaksin(IDN Times/Silviana)

Berdasarkan catatan Universitas Lampung, ada 3.437 peserta vaksinasi dari kampus tersebut. Itu berasal dari delapan fakultas, karyawan rektorat dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Menurut Pemimpin Umum UKPM Teknokra, Andre Prasetyo, untuk UKM mendapat jatah vaksinasi sekitar 100 orang.

"Bagus ya vaksinasi ini artinya bentuk dukungan dari pemerintah supaya mahasiswa siap melaksanakan kuliah tatap muka. Tapi saya takut dengan kerumunan saat vaksin," ujar Andre.

Peserta vaksinasi lain berasal dari masyarakat umum, Karin, juga mengaku takut untuk datang vaksin.

"Aku gak takut vaksinnya tapi takut sama kerumunan pas vaksin," ujarnya.

3. Ada 33.168 dosis vaksin tersebar di 15 kabupaten/kota

Vaksinasi Massal di GSG Unila, Mahasiswa Bingung Isi Kartu VaksinVaksinasi massal di GSG Unila (IDN Times/Silviana)

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, vaksinasi massal di GSG ini hanya simbolis yang dilakukan hari ini saja. Namun Polda Lampung bersama Polres jajaran, Dinas Kesehatan dan Puskesmas akan menyiapkan sekitar 33.168 dosis vaksin yang akan disebar di 345 lokasi.

Menurutnya warga yang ingin divaksin cukup membawa e-KTP serta mencantumkan nomor telepon.

"Yang penting e-KTP wilayah Lampung. Kita ada 14 Polres yang melayani di 15 kabupaten/kota," terangnya.

Setelah ini vaksinasi dosis ke dua akan di laksanakn pada 24 Juli 2021 di lokasi yang sama. 

4. Prioritas civitas Unila

Vaksinasi Massal di GSG Unila, Mahasiswa Bingung Isi Kartu VaksinPemerintah Kota Bandar Lampung melaksanakan vaksinasi tahap kedua bagi aparat dan pelayanan publik, Rabu (3/3/2021). (IDN Times/Silviana)

Meski vaksinasi gratis ini digelar untuk umum namun Pandra menerangkan, peserta vaksinasi diutamakan dari mahasiswa Unila, dosen dan karyawan.

"Karena ini kerjasama dengan Unila tentunya ada mahasiswa dari berbagai daerah yang mengikuti vaksin," katanya

Baca Juga: Mengais Asa Vaksinasi Massal di Lampung, Cukup Bawa KTP dan Gratis

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya