Tinjau Tes CASN, BKN Pusat Dorong Kolaborasi Pemerintah dengan Kampus

Beri penghargaan award 2021 untuk Pemprov Lampung

Bandar Lampung, IDN Times -Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Bima Haria Wibisana memantau langsung pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Provinsi Lampung di Kampus ITERA, Kamis, (14/10/2021).

Bima mengapresiasi kolaborasi dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Lampung dengan ITERA sebagai lokasi penyelenggaraan tes CPNS.

“Infrastruktur yang disiapkan ITERA sudah sangat memadai, karena memang menggunakan laboratorium komputer. Kami selalu mendorong untuk berkolaborasi pemerintah dengan perguruan tinggi, jadi kenapasih harus membangun sendiri kalau di kampus seperti ITERA juga ada,” ujarnya. 

Baca Juga: Cerita Dosen ITERA Ajarkan Energi Terbarukan pada Pelajar

1. Penyerahan BKN Award

Tinjau Tes CASN, BKN Pusat Dorong Kolaborasi Pemerintah dengan KampusBKN Pusat apresiasi kolaborasi pelaksanaan tes CPNS antara Pemprov Lampung dan ITERA (IDN Times/Istimewa)

Bima mengatakan, ruang pelaksanaan tes di tengah pandemik COVID-19 memang dibatasi, sehingga tidak dapat dilaksanakan di satu aula besar. Namun, pelaksanaan dilakukan ditempat berbeda-beda dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Usai melakukan peninjauan lokasi tes, Bima secara langsung menyerahkan dua penghargaan BKN Award tahun 2021 kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas atas capaian dalam implementasi penilaian kinerja, yang diterima oleh Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim.

Serta penghargaan BKN Award 2021 atas capaian dalam implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT, kepada Kabupaten Tulang Bawang yang diterima langsung Bupati Tulang Bawang Winarti di Aula Gedung Kuliah Umum ITERA.

2. SDM di Indonesia masih rendah

Tinjau Tes CASN, BKN Pusat Dorong Kolaborasi Pemerintah dengan KampusIDN Times/Hendra Simanjuntak

Dalam arahannya Plt Kepala BKN menyampaikan, saat ini investasi sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong rendah.

Sementara variabel untuk dapat bertahan hidup di masa depan bagi seseorang adalah kemampuan berinovasi. Untuk itu, saat ini pemerintah tengah memfokuskan lembaga-lembaga dapat melakukan riset dan inovasi menjadi satu, mulai dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), lembaga riset dan lainnya dijadikan satu menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Bima berharap, aparatur sipil negara (ASN) dapat memiliki kemampuan kreatifitas, inovasi, imajinasi, kemauan belajar, dan independen thinking.

3. Fasilitas di ITERA sudah mumpuni

Tinjau Tes CASN, BKN Pusat Dorong Kolaborasi Pemerintah dengan KampusIlustrasi tes CAT (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyampaikan terima kasih kepada BKN yang telah memberikan anugerah BKN Award 2021.

"Terima kasih juga untuk ITERA, selama dua tahun telah menjadi lokasi penyelengaraan tes CPNS di lingkungan provinsi, dan kabupaten/kota di Provinsi Lampung," kata perempuan akrab disapa Nunik itu.

Nunik menambahkan, ITERA telah menyediakan fasilitas dan teknologi yang mumpuni dalam mendukung pelaksanaan tes CASN di Provinsi Lampung yang dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel.

Baca Juga: Profil Chusnunia Chalim, Wakil Gubernur Lampung Ternyata Anak Pesantren

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya