Terminal Rajabasa Gelar Test COVID-19 Gratis, Pakai Dua Alat Tes

Test diutamakan pelaku perjalanan akan menyeberang ke Jawa

Bandar Lampung, IDN Times - Sejak sepekan terakhir Terminal Rajabasa Bandar Lampung rutin melakukan pengecekan tes COVID-19 bagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan ke luar daerah mau pun yang baru datang dari luar Lampung.

Pantauan IDN Times, Senin (19/4/2021) tes COVID-19 secara gratis ini dilakukan menggunakan dua alat. Pertama, rapid test antigen yang diselenggarakan Ditlantas dan Bidokkes Polda Lampung dalam rangka keselamatan krakatau 2021. Kedua, tes menggunakan GeNose dilaksanakan oleh pihak terminal itu sendiri.

Baca Juga: Eva Dwiana: Masih Banyak Warga Bandar Lampung Langgar Prokes Acara Pesta

1. Pengecekan dilakukan secara acak

Terminal Rajabasa Gelar Test COVID-19 Gratis, Pakai Dua Alat TesTest COVID-19 menggunakan alat GeNose di Terminal Rajabasa Bandar Lampung(IDN Times/Silviana)

Terkait mekanisme pengecekan dilakukan pada penumpang mau pun sopir bus, Kepala Pelaksana Harian Terminal Rajabasa, Marsusi mengatakan, dilakukan secara acak. Namun diutamakan pada pelaku perjalanan yang akan menyebrang ke pelabuhan.

"Kita lakukan tes untuk yang mau ke arah pelabuhan aja karena kantongnya kan terbatas," kata Marsusi saat diwawancara awak media Senin (19/4/2021).

Senada dengan Masusi, Suryono selaku pelaksana rapid test antigen dari Ditlantas juga mengatakan mengambil penumpang atau supir secara acak untuk melakukan test.

"Kita imbau aja siapa yang mau tes gratis langsung test," ujarnya.

2. Belum ditemukan penumpang reaktif atau positif COVID-19

Terminal Rajabasa Gelar Test COVID-19 Gratis, Pakai Dua Alat TesIDN Times/Silviana

Selama rapid test antigen dan GeNose bergulir, belum ditemukan penumpang reaktif atau positif COVID-19.

Untuk rapid test akan digelar selama 14 hari mendatang menggunakan 150 alat rapid test antigen. Sementara test GeNose saat ini sudah menghabiskan sekitar 200 kantong dari 300 kantong yang disediakan. Rata-rata per hari penumpang dites sebanyak 15 sampai 20 orang.

"Kita sudah bicarakan terkait stok kantong GeNose ini nanti kita ajukan kembali karena kan terbatas ini stoknya," terang Marsusi.

3. Penumpang sempat ragu untuk rapid test

Terminal Rajabasa Gelar Test COVID-19 Gratis, Pakai Dua Alat Tes(IDN Times/Silviana)

Zulhan salah satu penumpang bus dari Pringsewu yang akan menuju ke Serang. Banten mengaku sempat ragu untuk melakukan rapis test. Sebab ini yang partama kalinya bagi dia .

"Tiba-tiba waktu mau berangkat di samperin sama pak polisi di bus. Tadinya agak ragu karena kan lagi agak gak enak bedan. Tapi hasilnya negatif," ujarnya.

Baca Juga: Terminal Rajabasa Terima Alat Cek COVID-19 GeNose, Ini Fokus Sasarannya 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya