Sudah Siap Tes UTBK 2021? Ini Cara Cek Ruang Ujian di Itera

Simak baik-baik ya persyaratan ikut tes UTBK di Itera

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 2.869 pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) akan mengikuti ujian di Pusat UTBK Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.985 peserta mengikuti ujian Saintek, 642 peserta Soshum, dan 242 peserta ujian campuran.

UTBK-SBMPTN di ITERA akan dilaksanakan 12–14 April 2021. Penyelenggaraan UTBK di ITERA secara keseluruhan terdiri dari lima sesi dengan pembagian dua sesi per hari. Satu sesi ujian akan diikuti oleh 730 peserta.

1. Peserta luar Lampung wajib membawa surat rapid test antigen

Sudah Siap Tes UTBK 2021? Ini Cara Cek Ruang Ujian di IteraCalon penumpang melakukan tes cepat Antigen di Stasiun Yogyakarta, Gedong Tengen, DI Yogyakarta, Selasa (22/12/2020) (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Koordinator Pelaksana UTBK ITERA, Alviyanda, menyampaikan, ITERA telah menyiapkan sebanyak 730 komputer dengan spesifikasi sesuai ditetapkan panitia pusat. Selain itu, ITERA juga akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat selama pelaksanaan ujian.

Pihaknya menyatakan sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung dan sudah memperoleh izin. Bahkan berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten Lampung Selatan terkait kebutuhan tenaga kesehatan saat kegiatan nanti.

"Kami mewajibkan untuk peserta luar Lampung membawa hasil rapid test antigen," kata Alviyanda, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Jadi Lokasi Tes UTBK dan SBMPTN, Ini Fasilitas Mentereng Itera

2. Sarana protokol kesehatan

Sudah Siap Tes UTBK 2021? Ini Cara Cek Ruang Ujian di IteraItera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 ketat di lingkungan kampus. (IDN TImes/Istimewa)

Selain itu, untuk di ITERA sendiri sudah dilakukan beberapa persiapan seperti penyediaan sarana untuk penerapan protokol kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan di setiap gedung pelaksanaan ujian.

Kemudian, sterilisasi ruangan menjelang pelaksanaan UTBK, dan akan ada petugas khusus untuk memastikan diterapkannya protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK.

UTBK di ITERA akan dilaksanakan di empat gedung yaitu Gedung Laboratorium Teknik 1, 2 dan 3 serta Gedung Kuliah Umum I.

3. Panduan melihat ruang ujian

Sudah Siap Tes UTBK 2021? Ini Cara Cek Ruang Ujian di IteraKunjungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan ke ITERA dalam rangka meninjau persiapan kuliah Hybrid (IDN Times/Istimewa)

Alviyanda menambahkan, bagi siswa yang ingin mengetahui jadwal dan lokasi ujian dapat mengecek langsung di kartu ujian yang dapat diunduh dari situs pendaftaran UTBK (LTMPT).

Sedangkan untuk melihat nomor kursi/gedung, ITERA menyediakan layout ruang ujian lengkap dengan kursi dan gedung di situs PMB ITERA yang dapat diakses oleh seluruh peserta UTBK.

Pada hari H, di setiap gedung ujian juga disediakan banner layout ruang ujian untuk memudahkan peserta dalam mencari lokasi/ruang ujiannya.

"ITERA juga menyiapkan petugas yang membantu mengarahkan peserta dalam menemukan lokasi ruang/nomor kursi sebelum ujian dimulai,” ujarnya.

4. Bisa cek ruangan H-1 ujian

Sudah Siap Tes UTBK 2021? Ini Cara Cek Ruang Ujian di IteraSebanyak 852 peserta mengikuti tes SMMPTN Barat digelar di Institut Teknologi Sumatera (Itera(, Selasa (24/8/2020). (IDN Times/Istimewa)

Bagi peserta yang akan mengikuti UTBK di kampus ITERA juga diberikan kesempatan untuk melihat atau mengecek lokasi ujian pada H-1 sebelum ujian berlangsung Minggu 11 April 2021 pukul 09.00 - 16.00 WIB .

"Kami akan sediakan petugas yang membantu mengarahkan peserta nanti agar tidak menimbulkan kerumunan," kata Alviyanda.

Baca Juga: ITERA Usulkan Kuliah Hybrid, Ini Tanggapan Pemerintah Daerah

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya