Stok Darah PMI Lampung Menipis, Ini Dilakukan Karyawan PTPN 7

Banyak perusahaan menghentikan donor darah selama pandemik

Bandar Lampung, IDN Times -Selama pandemik COVID-19 PMI UTD Bandar Lampung cukup kesulitan memenuhi permintaan darah dari beberapa rumah sakit yang membutuhkan.

Menurut Desla dokter tim medis PMI, jumlah pendonor baik massal maupun personal dengan sukarela datang mendonorkan diri sangat minim. Sementara kebutuhan darah yang bersifat emergensi tetap tinggi.

"Opsi untuk memenuhi permintaan darah dari rumah sakit untuk pasiennya adalah donor dari keluarga pasien. Itu artinya pasien gawat darurat pun harus menunggu ketersediaan darah yang diambil dari keluarga atau kerabat pasien,” kata dia.

1. Banyak perusahaan menghentikan donor darah selama pandemik

Stok Darah PMI Lampung Menipis, Ini Dilakukan Karyawan PTPN 7Alodokter

Desla mengatakan, banyak lembaga dan perusahaan yang selama ini rutin donor massal, namun selama pandemik ini tak lagi mengadakan donor darah.

Namun Desla memberi apresiasi kepada manajemen dan karyawan PTPN VII  tetap berusaha konsisten untuk mengadakan kegiatan donor darah di PMI Lampung. 

“Meski jumlahnya sempat berkurang PTPN VII tetap konsisten dan menunjukkan kepekaannya terhadap masalah ini,” kata dokter usia muda ini.

2. Tak perlu khawatir donor darah di tengah pandemik

Stok Darah PMI Lampung Menipis, Ini Dilakukan Karyawan PTPN 7

Tentang risiko donor darah di tengah pandemik, Desla menyatakan tidak ada masalah secara medis. Menurutnya COVID-19 tidak menular melalui darah transfusi karena sebelum diambil, dilakukan uji kesehatan cukup detail.

“Risiko tertular virus corona itu ada pada pelaksanaan pengambilan darahnya karena terjadi interaksi antar orang. Kalau dilaksanakan dengan protokol kesehatan,seperti yang kita lakukan hari ini, risiko itu tidak ada. Jadi, jangan salah paham dan jangan takut,” kata dia, Rabu (10/3/2021). 

3. Stok darah menipis jadi pertimbangan PTPN adakan donor darah

Stok Darah PMI Lampung Menipis, Ini Dilakukan Karyawan PTPN 7tgmc.com

Melihat kondisi stok darah PMI yang kian menipis di tengah pandemik ini, di hari ulang tahun PTPN VII ke-25 kembali mengadakan kegiatan sosial donor darah pada Rabu (10/3/2021).

"Awal pandemik Maret 2020 lalu memang kegiatan ini sempat dihentikan. Tetapi pada bulan ke lima, kita adakan kembali meskipun jumlah peserta agak menurun dibanding sebelum masa pandemi," kata Sekretaris Perusahaan PTPN VII Bambang Hartawan.

Peserta donor darah diikuti oleh karyawan PTPN dan mendapat 41 kantong darah dari 48 peserta donor darah. Selain donor darah, HUT ke-25 PTPN VII pada 11 Maret 2021 itu juga diawali kegiatan santunan kepada anak-anak yatim piatu dan kaum duafa.

"Penyerahan santunan dilakukan secara simbolis atau diwakili mengingat masih dalam situasi pandemi," ujar Bambang. 

Baca Juga: PTPN VII Gandeng Polda Lampung Jaga Keamanan Aset Perusahaan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya