Rumah Warganya Roboh, Wali Kota Metro Percepat Program Bedah Rumah

Ada 59 unit rumah akan dibedah

Metro, IDN Times - Rumah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Sayangnya masih banyak warga belum memiliki rumah yang layak sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Salah satunya dialami Suwito, warga Kota Metro Utara itu harus menyaksikan rumahnya roboh lantaran sudah terlalu rapuh.

Hal itu lantas mengundang rasa prihatin pemerintah setempat dan donatur lain untuk memberi bantuan kepada Suwito. Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin, menyambangi langsung ke lokasi kejadian.

“Saya bersyukur dari musibah ini tidak ada korban jiwa. Hal ini dilakukan sebagaimana tugas dari pemerintah yang memperhatikan kesejahteraan masyarakat, baik dari perekonomian maupun kelayakan dalam hunian,” ujar Wahdi, disela-sela tinjauan. Kamis (3/2/2022).

Baca Juga: Wali Kota Wahdi: Realisasi Vaksinasi Dosis 2 Kota Metro 98 Persen

1. Suplai kebutuhan pangan untuk korban rumah roboh

Rumah Warganya Roboh, Wali Kota Metro Percepat Program Bedah RumahIlustrasi pembagian sembako. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Wahdi  mengatakan, kedatangannya bersama BPBD dan dinas sosial untuk memberi bantuan sedikit material dan menyuplai kebutuhan pangan saat ini.

Tak hanya itu, Wahdi juga sekaligus membawa forum CSR untuk memberikan bantuan bedah rumah kepada warga yang belum memiliki hunian layak.

2. Akan ada 59 unit rumah dibedah

Rumah Warganya Roboh, Wali Kota Metro Percepat Program Bedah RumahIDN Times/Dok. Polsek Pati

Pinkan Hendrawan selaku Ketua Forum CSR Kota Metro mengatakan, bantuan bedah rumah memang sudah masuk daftar program tahun ini. Menurutnya, akan ada 59 unit rumah akan dibedah. Itu tersebar di lima kecamatan Kota Metro.

“Kediaman Bapak Suwito sebenarnya menjadi salah satu rumah yang terdaftar untuk dibedah, tapi udah keburu roboh duluan. Secepatnya akan kita perbaiki. Rencananya sekaligus dengan rumah kakaknya” ujarnya.

Hendrawan menambahkan, nantinya akan ada perbaikan rumah dan dibuat bisa dihuni untuk dua keluarga.

3. Dibangun jadi rumah permanen

Rumah Warganya Roboh, Wali Kota Metro Percepat Program Bedah RumahIlustrasi rumah. ANTARA FOTO/Fauzan

Sementara itu, rekanan Forum CSR Kota Metro, Urianto menjanjikan perbaikan rumah tersebut akan berlangsung dalam minggu ini. Bahkan dibangun menjadi rumah permanen.

“Insya Allah kami akan bangun rumah permanen, sesuai dengan kepemilikan di sertifikat. Kalau sudah oke bisa langsung dilaksanakan pembangunan. Pembangunan ini nanti memerlukan waktu 50 hari kerja atau sebulan 20 hari,” katanya.

Baca Juga: Komunitas Sepeda Potret Hadirkan Pojok Onthel di RIS Metro

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya