Program KKN Daring Mahasiswa Itera ke SMA/SMK Kedepankan IT Literasi

Mengabdi ke 118 SMA/SMK  tersebar 13 kabupaten/kota

Bandar Lampung, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19, Institut Teknologi Sumatera (Itera) tetap melaksanakan program kuliah kerja nyata (KKN) yang dilaksankan secara dalam jaringan (daring).

Tema KKN yang diangkat pada KKN periode-6 ini berkaitan erat dengan situasi pandemik, sehingga akan memberi pemahaman kepada tenaga pendidik mau pun pelajar dalam menghadapi proses belajar di tengah pandemik.

1. Program peningkatan literasi teknologi informasi

Program KKN Daring Mahasiswa Itera ke SMA/SMK Kedepankan IT Literasiwww.indra92.id

KKN daring bertema Mendukung peningkatan daya saing Sumatera melalui pelatihan basic science dan IT literasi, dilaksanakan selama sebulan penuh, 4 Januari-4 Februari 2021.

Dengan tema peingkatan basic science, diharapkan program yang dilaksanakan mahasiswa dapat mendorong peningkatan kemampuan para pelajar SMA di Lampung, dan mendongkrak angka alumni SMA yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, termasuk di Itera. Keilmuan dasar yang menjadi prioritas program KKN adalah keilmuan matematika, kimia, fisika, dan biologi.

Selain itu juga ada program peningkatan literasi teknologi informasi, yang sangat dibutuhkan untuk pembelajaran di tengah pandemik seperti saat ini.

Baca Juga: Kece! Mahasiswa Itera "Sulap" Daun Kopi Robusta Jadi Teh

2. Mahasiswa diharapkan lebih kreatif

Program KKN Daring Mahasiswa Itera ke SMA/SMK Kedepankan IT LiterasiIDN Times/Istimewa

Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (LP3) ITERA, Acep Purqon, menyampaikan, KKN daring yang dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19 mungkin tidak bisa seideal jika mahasiswa terjun langsung ke lapangan.

Namun, dengan keterbatasan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat kreatif dalam menyusun program kerja, dan tidak mengurangi semangat mereka mengabdi kepada masyarakat.

"Saya berharap program yang dilaksanakan selama KKN akan berkelanjutan, sehingga kita benar-benar dapat hadir dan memberikan kontribusi di bidang teknologi dan sains yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Acep.

3. Program kerja harus berdasarkan empat aspek yang sudah ditentukan

Program KKN Daring Mahasiswa Itera ke SMA/SMK Kedepankan IT Literasidewacoding.com

Ketua Tim KKN Itera, Koko Friansah, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan KKN mahasiswa diarahkan untuk membuat program berdasarkan empat aspek utama, yaitu basic science, IT Literasi, tanggap bencana (Mitigasi) dan astronomi.

Selain itu, mahasiswa akan melakukan program secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 7 sampai 8 orang dari lintas program studi. Mereka akan melaksanakan program secara daring dengan dampingan dosen pendamping lapangan (DPL).

Dalam program yang dilaksanakan selama satu bulan penuh tersebut dilibatkan sebanyak 59 DPL dari berbagai program studi.

4. KKN dilaksanakan di 13 kabupaten/kota di Lampung

Program KKN Daring Mahasiswa Itera ke SMA/SMK Kedepankan IT LiterasiIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Totalnya ada 1.877 mahasiswa yang akan mengabdi di 118 SMA/SMK  tersebar di 13 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Di antaranya Bandar Lampung 31 sekolah, Lampung Tengah (14), Lampung Timur (12), Way kanan (6), Tulang Bawang (2), Tulang Bawang Barat (3). Daerah lainnya yakni, Lampung Utara (9), Lampung Barat (4), Lampung Selatan (12), Metro (7), Pesawaran (4), Pringsewu (7), dan Tanggamus (7).

5. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan

Program KKN Daring Mahasiswa Itera ke SMA/SMK Kedepankan IT LiterasiInstitut Teknologi Sumatera (Itera). (IDN Times/Istimewa)

Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik Prof. Mitra Djamal, dalam sambutan menyebut, program KKN yang dilaksanakan ITERA telah memasuki babak baru.

Selain dilaksanakan secara daring, karena masih dalam situasi pandemi covid-19, jumlah peserta KKN juga cukup besar dan akan melaksanakan program di hampir seluruh sekolah SMA sederajat di Provinsi Lampung.

Dalam KKN kali ini ITERA juga telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.

Sesuai tema, Prof. Mitra berharap para mahasiswa dapat melaksanakan berbagai program yang mampu meningkatkan kemampuan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh pelajar SMA sederajat di Lampung. Selain itu, mahasiswa juga dapat memberikan pemahaman literasi teknologi kepada para guru di sekolah.

“Ini adalah salah satu kontribusi ITERA dalam membantu masyarakat, bagaimana mengembangkan basic science, IT literasi dan tanggap bencana yang memang dibutuhkan masyarakat Lampung,” ujar Mitra.

Baca Juga: Catat! Itera Amati Fenomena Langka Konjungsi Agung Jupiter Nanti Malam

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya