Percepat Akses ke Bandara Lampung, Kemenhub Akan Bangun Kereta Bandara

Arinal usulkan 10 poin pembangunan insfratruktur Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) melakukan percepatan pembangunan insfrastruktur dan pengembangan wilayah.

Realisasi proyek ini seiring dengan jaringan program bersama Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri PUPR, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perhubungan, serta Menteri Pertanian.

"Lampung adalah provinsi tertinggi ekonominya di tingkat Sumatra walaupun di tengah COVID-19," kata Arinal, Senin (23/08/2021).

1. Pengembangan bandara dan kesehatan internasional

Percepat Akses ke Bandara Lampung, Kemenhub Akan Bangun Kereta BandaraBandara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan (IDN Times/Istimewa)

Arinal Djunaidi mengusulkan prioritas pembangunan infrastuktur dan pengembangan wilayah di provinsi lampung terbagi menjadi 10 poin pokok. Pembagian itu terdiri dari kawasan terpadu pariwisata Bakauheni (Bakauheni Harbour City), pengembangan Bandara Raden Inten II, dan pusat kesehatan Internasional. Ditambah pengembangan jalur wisata Teluk Lampung hingga kawasan industri Tanggamus.

"Dari Kota Agung, Sp Kuripan, Cukuh Balak, Teluk Kiluan itu perlu di kembangkan. Serta revitalisasi tambak udang (shrimp farm) dari tradisional menjadi semi intensif di Kabupaten Lampung Selatan," paparnya. 

Baca Juga: Walhi Lampung Desak Gubernur Cabut Izin Tambang di Laut Kuala Teladas

2. Arinal minta pemerintah pusat bantu Sport Centre di Lampung

Percepat Akses ke Bandara Lampung, Kemenhub Akan Bangun Kereta BandaraEko Yuli Irawan, Atlet Angkat Besi Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis P)

Selanjutnya pada bidang pertanian, Arinal mengusulkan pengembangan kawasan pertanian holtikultura, perkebunan, dan peternakan di kawasan dataran tinggi Tanggamus, Lampung Barat, serta Pesisir Barat.

"Saya juga mengusulkan adanya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Lampung, pembangunan jalan tol dari pintu exit Lematang menuju Pelabuhan Panjang," ujarnya.

Lalu orang nomor satu di Lampung itu juga mengusulkan adanya sport centre dan Exhibiton Centre Lampung, serta terminal di Kota Baru Tipe A.

"Terima kasih atas apresiasi dan kepedulian pemerintah pusat. Lampung penghasil juara dunia atlet angkat besi terbaik memohon untuk dibantu sport-nya," imbuhnya.

3. Bandara dan kereta api jadi project pertama di Lampung

Percepat Akses ke Bandara Lampung, Kemenhub Akan Bangun Kereta BandaraIlustrasi Infrastruktur (Kereta) (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam rapat tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, project pertama akan dilakukan di Lampung adalah kereta api, bandara, hingga pelabuhan.

"Nantinya, akan ada kereta bandara sehingga perjalanan menuju bandara tidak memakan waktu lama," ujar Budi. 

Sementara itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno, mengusulkan memperbaiki potensi wisata seperti Pantai Krui Lampung sebagai destinasi dunia, serta potensi Teluk Lampung.

Baca Juga: Meninggal Dunia di Taiwan, Dua Jenazah PMI Asal Lampung Dipulangkan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya