Penyebab Air Ketubah Pecah Sebelum Waktunya dan Cara Mencegah

Ada beberapa faktor disinyalir penyebab ketuban pecah

Bandar Lampung, IDN Times - Air ketuban merupakan cairan yang melindungi bayi selama masa kehamilan. Berdasarkan penjelasan Rumah Sakit Hermina Lampung, jika ketuban pecah sebelum waktunya akan semakin membahayakan ibu dan janin.

Meski belum diketahui secara pasti penyebab ketuban pecah secara dini, ada beberapa faktor disinyalir dapat memicunya.

Di antaranya, infeksi pada organ reproduksi, kantung ketuban terlalu banyak meregang, merokok selama kehamilan, pernah menjalani operasi serviks, atau memiliki riwayat ketuban pecah sebelum waktunya.

Berikut IDN Times rangkum selengkapnya cara menjaga ketubah tidak pecah secara dini dari Rumah Sakit Hermina Lampung.

1. Rajin periksa ke dokter kandungan

Penyebab Air Ketubah Pecah Sebelum Waktunya dan Cara MencegahFelicya Angelista dan Caesar Hito (Instagram.com/felicyangelista_)

Salah satu upaya penting menjaga air ketuban tidak pecah dini adalah melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan.

Pemeriksaan tersebut akan membantu memantau kondisi janin, air ketuban, maupun hal lainnya yang berkaitan dengan kehamilan.

Selain itu, masalah pada kehamilan juga dapat terdeteksi lebih awal jika rutin memeriksakannya.

2. Konsumsi makanan sehat

Penyebab Air Ketubah Pecah Sebelum Waktunya dan Cara Mencegahfreepik.com/nakaridore

Cara lain untuk menjaga air ketuban agar tidak pecah sebelum waktunya adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Asupan ibu hamil sangatlah penting untuk diperhatikan. Pastikan memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan makanan sehat lainnya.

Serta jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh supaya kualitas air ketuban tetap terjaga dan tubuh tidak dehidrasi.

Baca Juga: Aplikasi Fita Ajak Pengguna Raih Healthy Goal, Banyak Konten Kesehatan

3. Hindari rokok aktif dan pasif

Penyebab Air Ketubah Pecah Sebelum Waktunya dan Cara Mencegahilustrasi asap rokok (pixabay.com/realworkhard)

Ibu hamil tidak boleh merokok untuk menjaga air ketuban tidak pecah dini. Selain ketuban pecah terlalu cepat, merokok selama kehamilan juga dikaitkan dengan berbagai risiko berbahaya, seperti plasenta letak rendah, plasenta copot sebelum waktunya, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, atau cacat lahir.

Ibu hamil juga sebaiknya menghindari kontak langsung dengan perokok, agar asap rokok tidak terhirup. Jika suami atau anggota keluarga lain dalam satu rumah ada yang merokok, ingatkan untuk tidak merokok di depan kamu ya.

4. Menjaga kebersihan organ intim

Penyebab Air Ketubah Pecah Sebelum Waktunya dan Cara Mencegahilustrasi ibu hamil (IDN Times/Arief Rahmat)

Infeksi pada organ intim dapat menimbulkan risiko ketuban pecah dini, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, serta kerusakan mata dan paru-paru pada bayi baru lahir.

Pasalnya, area organ intim yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman atau bakteri berkembang. Bahkan hingga menyerang selaput ketuban. 

Jadi, cara menjaga air ketuban agar tidak pecah adalah dengan membersihkan organ intim secara tepat. Setelah buang air kecil, pastikan Anda menyekanya dari depan ke belakang. Selain itu, gantilah celana dalam minimal dua kali sehari, terutama jika sudah terasa lembap.

5. Mengonsumsi suplemen vitamin C

Penyebab Air Ketubah Pecah Sebelum Waktunya dan Cara Mencegahwhatsgood.vitaminshoppe.com

Jika ibu hamil memiliki riwayat ketuban pecah dini, mengonsumsi suplemen vitamin C bisa menjadi cara mencegah masalah itu di kehamilan selanjutnya.

Namun, pastikan mendapat anjuran dokter dan tidak mengonsumsi suplemen vitamin C sembarangan.

Baca Juga: XL Axiata Wearable Device Ukur Kondisi Kebugaran Tubuh, Gandeng RS MMC

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya