Comscore Tracker

Mengenal Penangkaran Rusa Unila, Tokoh Kampus Dijadikan Nama 

Nama rusa terinspirasi dari nama rektor hingga dekan

Bandar Lampung, IDN Times - Universitas Lampung (Unila) menjadi satu-satunya kampus di Lampung yang memiliki penangkaran rusa. Itu berawal dari penitipan Rusa Sambar dari PKSDA.

Pada Minggu (23/5/2021) lalu salah satu rusa di sana jenis cervus timorensis, hasil perkawinan yang ada di kandang baru saja melahirkan bayi baru. Saat ini Unila sudah memiliki sembilan rusa.

Uniknya, rusa di sana diberi nama tokoh-tokoh di Unila lho. Penasaran siapa saja nama tokoh Unila yang digunakan untuk nama-nama Rusa? simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Pakar Komunikasi Unila: Konten Antiradikalisme Harus Kreatif

1. Nama Rusa di Unila gunakan nama penggagas

Mengenal Penangkaran Rusa Unila, Tokoh Kampus Dijadikan Nama (IDN Times/Silviana)

Kepala Tim Konservasi Rusa Unila, Bainah Sari Dewi mengatakan, delapan Rusa di Unila memang menggunakan nama-nama tokoh di Unila. Itu karena tokoh tersebut sudah berkontribusi dalam pengembangan penangkaran eusa di Unila.

Dewi mengatakan, untuk rusa jantan ada yang namanya Karomani merupakan Rektor Unila saat ini. Kemudian Asep terinspirasi dari nama Wakil Rektor 2, Sugeng Mantan rektor Unila 2015 dan Irwan terinspirasi dari nama Dekan Pertanian.

"Kalau yang betina namanya Lusi, Atik, Dwi, dan Kiki. Tapi kalau yang baru lahir belum dikasih nama," ungkapnya.

2. Tak ada lagi Rusa Sambar di Unila

Mengenal Penangkaran Rusa Unila, Tokoh Kampus Dijadikan Nama IDN Times/Silviana

Bainah menjelaskan, Penangkaran rusa di Unila sudah ada sejak 2001. Namun pada 2020 lalu diajukan izin penangkaran rusa baru.

Sebab pada awalnya izin penangkaran Rusa di Unila adalah Rusa Sambar. Sementara pada Februari 2020 lalu, Rusa Sambar di Unila sudah mati.

"Jadi sisa Rusa Sambar di Unila yang masih hidup ditarik. Sekarang tinggal sisa Rusa Timor. Sehingga tahun 2020 sedang diperbarui izinnya untuk dapat mengangkat Rusa Timor, Sambar dan Totol,"kata Bainah, Rabu (26/5/2021).

3. Satu rusa jantan bisa kawin dengan beberapa betina

Mengenal Penangkaran Rusa Unila, Tokoh Kampus Dijadikan Nama freeimages/jamiebrelsford

Dalam setahun biasanya penangkaran Rusa Unila mampu mengembangkan satu ekor bayi rusa. Menurut Bainah, satu rusa jantan bisa kawin dengan beberapa betina. Komponennya satu jantan empat betina.

"Jadi setahun itu bisa melahirkan satu atau dua ekor kalau usia produktif," terangnya.

Terkait perawatan Bainah mengatakan, dokter hewan di Unila rutin memberikan vitamin dan disinfektan untuk menghilangkan kutu pada badan Rusa.

Baca Juga: Unila Gelar Webinar Dukung Palestina, Ini Kata Duta Besar Palestina

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya