KPU Lampung Sinkronisasi DP4, Potensi Pemilih Pemula 823.606 Orang

KPU prioritaskan sosialisasi Pemilu di medsos sasar gen z

Bandar Lampung, IDN Times -  Jelang Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU Provinsi Lampung sudah mempublikasikan data hasil sinkronisasi Data calon pemilih penyandingan dengan data daftar pemilih terakhir berdasarkan surat edaran nomor 13 tahun 2023.

Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami mengatakan, Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Lampung terakhir sebanyak 5.703.750 pemilih. Namun setelah disandingkan dengan daftar pemilih sinkronisasi data pemilu menjadi 6.527.356.

"Jadi di DPB terakhir ada potensi pemilih pemula yang usianya 17 tahun sampai 14 Februari 2024 sebanyak 823.606 pemilih. Kita akan pastikan dulu jumlah itu pemilih pemula bukan. Tapi mayoritas pasti pemilih pemula," kata Erwan saat ditemui IDN Times di ruang Kantor KPU Provinsi Lampung , Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Pemprov Lampung Dorong Capaian Target 79 Persen Pemilih Pemilu 2024

1. KPU akan aktif sosialisasi pemilu di media sosial

KPU Lampung Sinkronisasi DP4, Potensi Pemilih Pemula 823.606 Orangilustrasi berbagai konten yang diunggah di media sosial. (dok. samsung.com)

Erwan menyampaikan, sudah melakukan koordinasi dengan Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota supaya potensi pemilih pemula sudah dilakukan perekaman E-KTP sejak dini. Menurutnya, langkah ke depan dilakukan KPU adalah melakukan sosialisasi pemilih pemula bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.

"Sosialisasi itu kreativitas ya, jadi nanti kita akan ada program, misal goes to kampus. Tapi tak kalah penting sosialisasi akan kita gencarkan melalui media sosial karena generasi Z saat ini aktif menggunakan teknologi," jelasnya.

2. KPU sedang memetakan jumlah TPS

KPU Lampung Sinkronisasi DP4, Potensi Pemilih Pemula 823.606 OrangKetua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami ( IDN Times/Silviana)

Menurut Erwan, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sudah melakukan pemetaan TPS. Awalnya jumlah TPS sebanyak 27.205. Namun dengan turunnya data hasil sinkronisasi KPU RI, saat ini KPU kabupaten/kota sedang melakukan pemetaan TPS ulang.

Erwan mengatakan, dari hasil pemetaan tersebut akan dipastikan lagi berapa jumlah TPS di Lampung pada Pemilu 2024. Menurutnya, itu sebagai dasar untuk merekrut Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih).

3. Pembentukan PPS dan Patarlih

KPU Lampung Sinkronisasi DP4, Potensi Pemilih Pemula 823.606 OrangIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut Erwan menjelaskan, saat ini KPU sedang mengadakan rekrutmen PPS dan pelantikan pada 24 Januari. Setelah itu PPS dimulai 26 Januari, kemudian dilanjutkan pembentukan Panitia Patarlih sesuai dengan jumlah TPS di kabupaten/kota. 

"Tahap selanjutnya adalah melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data daftar pemilih yang di susun kabupaten/kota per TPS," jelasnya. 

Baca Juga: KPU Lampung Terima 20 Nama Balon DPD RI Pemilu 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya