Kapolda Irjen Hendro Sugiatno: Tindak Tegas Begal di Lampung

"Anak buah saya udah saya kasih pistol"

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung melaksanakan serah terima Pataka dan pisah sambut Kapolda dari Irjen Pol Purwadi Arianto kepada Irjen Pol Hendro Sugiatno di lapangan Mapolda Lampung Sabtu (6/3/2021). Sekira pukul 08.20 WIB Kapolda Lampung didampingi sang istri tiba di Polda Lampung.

Keduanya disambut dua polisi cilik mengalungkan selendang tapis khas Lampung serta menyerahkan satu buket bunga kepada sang istri. Seluruh jajaran kepolisian berjejer dipinggir karpet merah dan melayangkan hormat kepada Kapolda baru tersebut.

1. Penyerahan pataka wira bakti ruwa jurai

Kapolda Irjen Hendro Sugiatno: Tindak Tegas Begal di LampungMantan Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto. (IDN Times/Silviana).

Sekira pukul 11.00 WIB acara dilanjutkan dengan upacara penyerahan pataka dari Irjen Pol Purwadi Arianto kepada Irjen Pol Hendro Sugiatno sebagai Kapolda Lampung yang baru.

Dalam sambutannya Irjen Pol Purwadi menyampaikan, Polda Lampung merupakan bagian dari negara Indonesia. Untuk itu, para anggota Polda Lampung diharapkan mampu melaksanakan tugas pelayanan masyarakat sebaik mungkin. Terlebih di tengah pandemik COVID-19 ini.

"Saya optimis dan yakin Bandar Lampung akan lebih baik dalam mengemban tugas ke depan di bawah pimpinan Kapolda baru," ungkapnya.

Purwadi juga berterima kasih atas segala bentuk pengabdian dan segala pelaksanaan tugas yang diberikan selama masa jabatannya.

2. Siap meneruskan apa yang sudah dijalankan Kapolda sebelumnya

Kapolda Irjen Hendro Sugiatno: Tindak Tegas Begal di LampungIrjen Pol Hendro Sugiatno beserta istri tiba di Mapolda Lampung Sabtu (6/3/2021).  (IDN Times/Silviana).

Usai menerima Pataka, Irjen Pol Hendro Sugiatno  siap menerima tanggung jawab sebagai Kapolda Lampung dan meneruskan kebijakan yang telah dilakukan Irjen Pol Purwadi.

"Ke depan kita semakin kompleks menghadapi situasi di tengah pandemik, bencana dan perkembangan keamanan yang semakin dinamis. Maka kita membutuhkan fisik, mental dan kebersamaan. Sehingga kita bisa memberikan pelayanan terbaik," jelasnya.

Baca Juga: Kapolri Pimpin Sertijab, Kapolda Lampung Diberi Tugas Khusus

3. Dukung program 100 kerja Polri

Kapolda Irjen Hendro Sugiatno: Tindak Tegas Begal di LampungPelantikan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (27/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu Hendro juga menegaskan, saat ini sudah memasuki program 100 hari kebijakan Kapolri. Sehingga dia mengajak seluruh anggota Polda Lampung untuk mendukung program tersebut serta memantapkan kualitas dan kuantitas dalam bertugas.

"Yang pasti saya akan melanjutkan dalam penanganan COVID-19. Apalagi ini kan mau ke arah zona kuning itu yang pertama kali akan saya kerjakan," terangnya.

4. Tindak tegas para pelaku begal

Kapolda Irjen Hendro Sugiatno: Tindak Tegas Begal di LampungIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait kasus begal di Lampung, Kapolda mengatakan, akan menjadi penanganan prioritas di bawah kepemimpinannya. Hendro mengaku akan menindak tegas, sebab itu memang sudah menjadi tanggung jawab Polri untuk melindungi masyarakat.

"Anak buah saya udah saya kasih pistol. Pistol itu bukan untuk gagah-gagahan salah satunya untuk melindungi masyarakat dalam penanggulangan begal," tandasnya.

5. Tokoh adat Lampung beri petuah untuk Polda Lampung

Kapolda Irjen Hendro Sugiatno: Tindak Tegas Begal di LampungSeremoni serah terima Pataka dan pisah sambut dari Irjen Pol Purwadi Arianto kepada Irjen Pol Hendro Sugiatno di lapangan Mapolda Lampung Sabtu (6/3/2021). (IDN Times/Silviana).

Usai acara penyambutan dan serah terima Pataka tersebut, Kapolda Lampung yang baru bersama sang istri diiringin taburan bunga dan musik gamolan Lampung.

Sesampainya di gerbang keluar tokoh adat Lampung beserta rombongan mengenakan pakaian lengkap adat Lampung. Rombongan langsung disambut tabuhan alat musik Lampung.

Tampak dua tokoh adat Lampung hadir memberikan petuah kepada Hendro. Makna petuah itu adalah, para tokoh adat menerima kedatangan Hendro dan menitipkan keamanan Lampung di bawah kepemimpinannya.

Baca Juga: [BREAKING] Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno Terima Selendang Tapis

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya