ITERA Usulkan Kuliah Hybrid, Ini Tanggapan Pemerintah Daerah

Perkuliahan daring menurunkan kualitas

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengusulkan perkuliahan secara hybrid. Konsepnya, menggabungkan kuliah dalam jaringan (daring) dan tatap muka.

Rektor ITERA, Ofyar Z Tamin, mengatakan, tujuan kuliah hybrid untuk meningkatkan kualitas perkuliahan di ITERA yang merupakan kampus institut teknologi. Menurutnya selama ini perkuliahan daring disebut cukup efektif.

"Namun untuk membekali skill mahasiswa perlu dilakukan perkuliahan tatap muka, terutama dalam hal praktikum, dan pematangan materi yang didapatkan secara daring," kata pria berkacamata ini, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Jelang Kuliah Tatap Muka, Civitas Akademika ITERA Jalani Vaksinasi

1. ITERA telah menyiapkan SOP perkuliahan hybrid

ITERA Usulkan Kuliah Hybrid, Ini Tanggapan Pemerintah DaerahPersiapan SOP ITERA menuju kuliah Hybrid (IDN Times/Istimewa)

Ofyar mengatakan, rencana perkuliahan hybrid ini dilatarbelakangi kualitas perkuliahan yang sesuai evaluasi mengalami penurunan. Meski perkuliahan daring sangat efektif dan efisien, namun pihaknya merasa berkewajiban menjaga kualitas pembelajaran sebagai kampus institut teknologi.

Sebagai persiapan, ITERA melalui BPAKB juga telah menyiapkan berbagai standar operasoinal prosedur (SOP) perkuliahan hybrid. Mulai dari perkuliahan di kelas, kuliah lapang, praktikum, hingga tugas akhir dengan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

ITERA juga telah mengatur setiap ruangan kelas, laboratorium, hingga fasilitas lainnya di kampus sesuai prokes. Selain itu, telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit dalam pelaksanaan pendeteksian awal COVID-19 bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

2. Pemkab Lamsel tinjau persiapan kuliah hybrid ITERA

ITERA Usulkan Kuliah Hybrid, Ini Tanggapan Pemerintah DaerahKunjungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan ke ITERA dalam rangka meninjau persiapan kuliah Hybrid (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan usulan tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) meninjau kesiapan perkuliahan yang sedang diusulkan ITERA.

Kunjungan diawali dengan meninjau beberapa lokasi seperti Poliklinik ITERA, ruang isolasi bagi sivitas akademika yang terpapar COVID-19. Ditinjau juga ruang perkuliahan dan teknologi pembelajaran daring, laboratorium, dan prasarana penunjang perkuliahan mahasiswa.

3. Bakal berkoordinasi dengan pemerintah pusat

ITERA Usulkan Kuliah Hybrid, Ini Tanggapan Pemerintah DaerahKunjungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan ke ITERA dalam rangka meninjau persiapan kuliah Hybrid (IDN Times/Istimewa)

Sekretaris Daerah Pemkab Lampung Selatan Thamrin, mewakili Bupati Nanang Trengono menyampaikan setelah melihat secara langsung dari segi kesiapan infrastruktur, keamanan, pihaknya akan melaporkan melalui rapat. 

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait kesiapan ITERA melaksanakan perkuliahan hybrid," ujar Thamrin.

Sekda menyebut, lokasi ITERA yang berada di daerah penyangga Kota Bandar Lampung menjadi perhatian khusus Pemkab Lamsel. Tidak hanya dalam penanganan COVID-19, akan tetapi juga dalam pelaksanaan program pendidikan tinggi di Lamsel.

Baca Juga: Jadi Lokasi Tes UTBK dan SBMPTN, Ini Fasilitas Mentereng Itera

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya