Inovasi Digital Wakuncar Kota Metro, Permudah Akses Data COVID-19

Susun data berbasis digital tingkat kelurahan

Metro, IDN Times - Pengumpulan data menjadi hal cukup penting di instansi pemerintah. Tanpa data yang jelas tentu kebijakan juga akan berdampak. Berbagai inovasi untuk mempermudah akses layanan masyarakat kini banyak diluncurkan pemerintah.

Salah satunya inovasi dengan nama unik yang baru saja diluncurkan Pemerintah Kota Metro, yakni Wakuncar atau Waktu Kunjung Cari Data dan Informasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, Komarudin mengatakan, tujuan dari inovasi Wakuncar sebagai pencegahan penyebaran COVID-19 dan pengumpulan data berbasis masyarakat melalui peran data dasawisma.

Baca Juga: Geger Honda Brio di Metro Tabrak Empat Motor, 1 Meninggal dan 4 Terluka

1. Susun data berbasis digital

Inovasi Digital Wakuncar Kota Metro, Permudah Akses Data COVID-19Ilustrasi layanan digital (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Komarudin mengatakan, Wakuncar sebagai upaya mengembangkan SOP pengumpulan data berbasis masyarakat ditindaklanjuti untuk koordinasi laporan dan pengambilan kebijakan.

Menurutnya, ini sebagai proyek percontohan atau pengembangan sistem informasi manajemen yang mengintegrasikan seluruh program data TP PKK dan pembangunan Kota Metro.

"Wakuncar juga untuk menyusun database kelurahan berbasis digital dan menjadikan Wakuncar sebagai entry point atau pintu masuk kegiatan,” jelas Komarudin, Rabu (10/11/2021).

2. Berlangsung selama dua bulan

Inovasi Digital Wakuncar Kota Metro, Permudah Akses Data COVID-19pexels/cottonbro

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan, kegiatan Wakuncar periode pertama ini dalan jangka waktu 2 bulan yaitu pada November sampai Desember 2021 di Kelurahan Rejomulyo.

“Kelurahan ini dipilih karena sebagai kelurahan berprestasi, sehingga akan lebih mudah memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup baik,” ujarnya.

3. Bantu pemerintah kumpulkan data akurat

Inovasi Digital Wakuncar Kota Metro, Permudah Akses Data COVID-19Wali Kota Metro, Wahdi saat acara peluncuran inovasi Wakuncar (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin berharap program tersebut dapat membantu Pemerintah Kota Metro dalam pengumpulan data, akurasi data, kecepatan dan ketepatan.

“Kita memberdayakan potensi Kota Metro yang sangat hebat. Untuk Dinas Kesehatan diperbaiki data kematian prevalensi,” tandasnya.

Baca Juga: Cara Unik Komunitas Metro Galang Dana Kesembuhan Anak Difabel Rungu

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya