HUT Mesuji Lampung ke-14, Gaet Wisatawan Lewat Lomba Kearifan Lokal

Manfaatkan sungai mesuji jadi daya tarik daerah

Mesuji, IDN Times -Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi unik kerap dilakukan setiap tahun atau pada acara-acara besar memeringati daerah tersebut. Di Kabupaten Mesuji juga ada tradisi unik kerap digelar tahunan lho.

Yaitu festival kapal hias di Sungai Mesuji dan tradisi menangkap ikan bersama di sungai yang sengaja dibuat sebagai kolam ikan. Masyarakat mesuji menyebutnya lebung. Itulah sebabnya, tradisi ini disebut melebung.

Kearifan lokal tersebut, baru aja digelar sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Mesuji (HUT) ke 14. Tradisi tersebut dijadikan ajang lomba diikuti oleh masyarakat dan seluruh perangkat daerah Mesuji.

Berikut IDN Times rangkum fakta menarik gelaran lomba melebung dan festival kapal hias di Kabupaten Mesuji Lampung.

Baca Juga: Gubernur Arinal Bakal jadikan Mesuji Kabupaten Perikanan, Ini Caranya

1. Sungai jadi daya tarik wisata Mesuji

HUT Mesuji Lampung ke-14, Gaet Wisatawan Lewat Lomba Kearifan LokalHUT Kabupaten Mesuji ke-14, Lampung dimeriahkan dengan lomba kearifan lokal Festival Kapal Hias di Sungai Mesuji (Dok.Kominfo Mesuji)

Sekretaris Daerah Mesuji, Syamsudin, lomba perahu hias dan melebung digelar di Desa Wiralaga Kecamatan Mesuji itu menjadi ciri khas Kabupaten Mesuji. Itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk mempopulerkan pesona Sungai Mesuj memiliki potensi pariwisata dan ekonomi.

"Ini salah satu upaya nyata dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan pariwisata serta budaya lokal yang dimiliki Kabupaten Mesuji, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing," kata Syamsudin, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, festival ini sangat identik dengan Sungai Mesuji, karena dari sepanjang tepi sungai inilah Kabupaten Mesuji berawal.

"Di desa-desa tua sepanjang sungai inilah para leluhur kita dahulu memulai peradaban," ucapnya.

2. Pererat silaturahmi masyarakat melalui lomba melebung

HUT Mesuji Lampung ke-14, Gaet Wisatawan Lewat Lomba Kearifan LokalHUT Kabupaten Mesuji ke-14, Lampung dimeriahkan dengan lomba kearifan lokal lomba Melebung di Sungai Mesuji (Dok.Kominfo Mesuji)

Selain lomba perahu hias, Pemerintah Kabupaten Mesuji juga menyelenggarakan lomba melebung yaitu, lomba menangkap ikan bersama di sungai mesuji. Namun, lebih dari itu menurut Syamsudin, kegiatan melebung juga untuk menjaga silaturahmi antar masyarakat.

"Melebung jadi salah satu kearifan lokal kaya manfaat dan terpenting dari acara ini bukan hanya mendapatkan ikan yang ada di dalam lebung, melainkan kegembiraan dan kemeriahan bersama-sama," jelasnya.

3. Berharap sungai Mesuji jadi wisata populer

HUT Mesuji Lampung ke-14, Gaet Wisatawan Lewat Lomba Kearifan LokalHUT Kabupaten Mesuji ke-14, Lampung dimeriahkan dengan lomba kearifan lokal lomba Melebung di Sungai Mesuji (Dok.Kominfo Mesuji)

Syamsudin optimistis, tradisi melebung ini harus dilestarikan kembali karena merupakan kearifan lokal Mesuji yang diwariskan oleh leluhur. Menurutnya, tradisi melebung ini ke depan berpotensi menarik wisatawan, jika bisa mengemasnya dengan menarik.

Pihaknya berharap, Sungai Mesuji ke depan menjadi salah satu destinasi wisata popular di Provinsi Lampung dan nasional.

“Ke depannya saya berharap festival sungai Mesuji ini terus dilestarikan, sehingga ini menarik perhatian wisatawan dari luar daerah untuk datang ke Kabupaten Mesuji," harapnya.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Hits di Mesuji Lampung, Manjakan Mata!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya