Duh! Jelang Ramadan Stok Darah PMI Lampung Menipis

PMI Upayakan penuhi stok darah

Bandar Lampung, IDN Times - Selama pandemik COVID-19 PMI Unit Transfusi Darah (UTD) Lampung cukup kesulitan memenuhi permintaan darah dari beberapa rumah sakit yang membutuhkan.

Apalagi menjelang bulan ramadan menurut Kepala UTD PMI Provinsi Lampung dr Aditya M. Biomed, jarang ada yang melakukan donor darah.

"Orang kan namanya puasa takut sakit jadi minim sekali yang donor. Makanya kita ini seharusnya nabung dari sekarang. Kalau Mengandalkan yang non muslim paling seminggu sekali gak ketutup," ujarnya, Senin (15/3/2021). 

Mengatasi hal itu, PMI dan stakeholder terkait melakukan beberapa program. Satu di antaranya, Awak Mobil Tangki (AMT) Lampung gelar aksi sosial donor darah sukarela di UTD PMI Lampung pada Senin (15/3/2021).

1. Kebutuhan darah pasien tidak kenal waktu

Duh! Jelang Ramadan Stok Darah PMI Lampung Menipistgmc.com

Dr Aditya menyampaikan ramadan tahun lalu UTD PMI Lampung benar-benar kewalahan karena kehabisan stok darah. Biasanya pada saat bulan ramadan donor darah dilakukan pada saat buka bersama di masjid. Namun selama pandemik kegiatan tersebut tak diperbolehkan.

Sehingga tahun ini pihaknya mengatur strategi agar kejadian tahun lalu tak terulang kembali. Sebab menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri semua orang sibuk dengan aktivitas masing-masing.

"Paling parah itu seminggu sebelum lebaran dan seminggu setelah lebaran. Kalau pasien gak kenal waktu saat itu dia butuh darah ya harus ada darahnya," ungkapnya.

Baca Juga: UTD PMI Lampung Terima Donor Plasma Konvalesen, Ini Syaratnya

2. Apresiasi kegiatan sosial donor darah

Duh! Jelang Ramadan Stok Darah PMI Lampung MenipisAlodokter

Adanya donor darah dari awak mobil tangki bahan bakar tersebut dr Aditya sangat terharu dan mengapresiasi kegiatan sosial tersebut.

Sebab di sela-sela kesibukan mereka mengantar bahan bakar ke seluruh daerah di Lampung, masih menyempatkan diri melakukan donor darah.

"Aksi yang digelar AMT sangat membantu PMI dalam penyediaan stok darah di masa pandemik ini," kata dia.

3. Donor darah akan dilakukan secara kesinambungan

Duh! Jelang Ramadan Stok Darah PMI Lampung Menipis

Koordinator AMT Lampung, Ana Selfiani, mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan pertama kalinya. Dari 336 awak mobil tangki, ada 60 orang yang melakukan donor darah pada hari ini. Namun ke depan pihaknya akan melaksanakan secara berkesinambungan.

"Sebagian awak yang lain masih dalam posisi bekerja. Tidak hanya hari ini, sebelumnya ada aksi Jumat berkah, santunan ke panti asuhan, membagikan sembako," ujarnya.

Baca Juga: Stok Darah PMI Lampung Menipis, Ini Dilakukan Karyawan PTPN 7

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya