Dinkes Metro Siapkan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia di Bawah 12 Tahun  

Masih menunggu instruksi kemenkes

Metro, IDN Times -Penyebaran virus COVID-19 di Lampung sudah bergulir selama 19 bulan, terhitung sejak Maret 2020. Berbagai upaya pencegahan dilakukan dan paling gencar dilakukan saat ini adalah upaya vaksinasi.

Namun Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mewanti-wanti masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin. Secara khusus, ia menyoroti sekolah-sekolah di Metro agar menyediakan sarana cuci tangan di depan kelas.

"Saya minta pada kepala dinas kesehatan, vaksinasi untuk anak-anak pelajar SD, SLTP, dan SLB menggunakan dosis vaksin Sinovac," katanya saat rapat persiapan vaksinasi untuk anak-anak, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Pemkot Metro Siapkan Festival UMKM Metro 2021, Digelar Awal Desember

1. Perhatikan kondisi anak saat mendapat vaksin

Dinkes Metro Siapkan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia di Bawah 12 Tahun  Ilustrasi vaksinasi COVID-19 bagi pelajar. (IDN Times/Hilmansyah)

Wahdi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi harus selalu memerhatikan antisipasi pendampingan khususnya terhadap anak-anak. Hal ini terkait dengan pemantauan kondisi awal dan pasca pelaksanaan vaksinasi.

"Kota Metro adalah kota layak anak, maka jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

2. Hampir semua pelajar dan tenaga pendidik sudah divaksin

Dinkes Metro Siapkan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia di Bawah 12 Tahun  Vaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro, Erla Andrianti menyampaikan, untuk vaksinasi jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Metro, baik pendidik dan tenaga pendidikan hampir semua sudah melakukan vaksinasi.

Menurutnya, meski masih ada beberapa yang belum melakukan vaksinasi, itu karena memiliki penyakit bawaan, sedang hamil dan baru proses penyembuhan dari sakit.

3. Vaksin anak di bawah 12 tahun mulai disiapkan

Dinkes Metro Siapkan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia di Bawah 12 Tahun  Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada anak berusia 12 tahun saat vaksinasi massal bagi anak di Gedung PKK Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Erla menjelaskan, data peserta didik belum melakukan vaksinasi jenjang SMP sebanyak 33,64 persen. Sedangkan pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 3,91 persen.

"Dikarenakan mempunyai penyakit bawaan, sakit dan sedang hamil. Dalam jenjang SD untuk usia 12 tahun saat ini sedang dalam proses pelaksanaan vaksinasi,” jelasnya.

Erla menambahkan, saat ini sedang mempersiapkan vaksinasi untuk anak mulai dari usia 12 tahun, sambil menunggu surat edaran dari Kemenkes untuk melakukan vaksinasi kepada anak dari usia 6 sampai 11 tahun.

Baca Juga: Vaksinasi Metro Tertinggi di Lampung, Wahdi Imbau Tetap Patuh Prokes

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya